Apakah Benar HIV/AIDS Tidak Bisa Disembuhkan?

Apakah Benar HIV/AIDS Tidak Bisa Disembuhkan?
Apakah Benar HIV/AIDS Tidak Bisa Disembuhkan? - HIV/AIDS adalah penyakit yang masih membahayaan. Dahulu penyakit ini dianggap sebagai penyakit yang sengat menakutkan. Pemikiran banyak orang beranggapan kalau penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

Tidak banyak orang yang berpikir bahwa pennderita penyakit ini (ODHA) tidak lagi dapat hidup normal lagi. Tapi, pada tahun 1996, dunia kesehatan berhasil menemukan adanya obat untuk mengontrol HIV/AIDS.

Obat yang disebut dengan antiretroviral (ARV) oleh para ahli. Penemuan ARV merupakan momentum dalam perawatan ODHA. Bahkan, saat ini perkembangan teknologi semakin maju dan membuat obat-obatan golongan antiretroviral semain berkembang.

Pengobatan ini memang belum mampu menyembuhkan penyakit secara 100 persen. Namun ada secara dramatis pengobatan ARV dapat menghambat perkembangan virus, meningkatka daya tahan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup ODHA, serta menurunkan risiko penularan.

Sehingga saat sekarang ini HIV/AIDS sudah diterima sebagai penyakit yang bisa dikendalikan dan tidak dianggap sebagai penyakit yang mengerikan, yang bisa menyebarkan virus hanya dengan berdekatan saja, semua stigma semacam itu perlahan mulai hilang dari masyarakat karena perkembangan informasi.

ARV memang harus dikonsumsi seumur hidup untuk mengendalikan HIV/AIDS. Dengan mengonsumsi ARV dan menjaga tubuh tetap prima, maka ODHA bisa hidup seperti orang normal lainnya.

Seorang ODHA yang rutin mengonsumis ARV secara teratur memiliki angka harapan hidup lebih tinggi dibanding mereka yang tidak mengonsumsi ARV. Keadaan ini dapat diartikan bahwa sesungguhnya seorang ODHA 'dapat' sembuh.

Jadi, stigma bahwa HIV/AIDS merupakan penyakit yang amat menakutkan telah jauh berubah. Dengan adanya obat-obatan penghambat virus ini, seorang ODHA dapat hidp dan beraktivitas seperti orang normal lainnya. Lalu masihkah Anda beranggapan kalau HIV/AIDS tidak bisa disembuhkan?

Demikian mengenai Apakah Benar HIV/AIDS Tidak Bisa Disembuhkan?, semoga postingan kali in bisa bermanfaat buat kalian semuanya. Dan jangan lupa kalau tanggal 1 desember ini adalah peringatan HIV/AIDS sedunia.

Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Apakah Benar HIV/AIDS Tidak Bisa Disembuhkan?"

Posting Komentar