Lima Fakta Mengenai HPV, Penyebab Kanker Serviks

Lima Fakta Mengenai HPV, Penyebab Kanker Serviks
Lima Fakta Mengenai HPV, Penyebab Kanker Serviks -  HPV atau kepanjangan dari Human Papilloma Virus adalah jenis virus yang umum meneyebabkan penyakit infeksi menular seksual. Pada wanita HPV bisa menjadi pemicu kanker serviks sehingga para tenaga kesehatan tidak henti-hentinya sering menyuarakan agar masyarakat rutin melakukan pemeriksaan dini.

Nah, berikut agar Anda lebih waspada terhadap virus ini, berikut adalah lima fakta mengenai HPV :

1. Ada Lebih dari 100 Jenis

Di dunia saat ini ada banyak jenis HPV, ada sekitar kurang lebih 100 jenis HPV. Sekitar 60 tipe di antaranya menyebabkan penyakit kutil di tangan atau kaki dan 40 tipe lain tertarik pada jaringan berlendir tubuh.

HPV tipe 16 dan 18 adalah yang paling berbahaya karena umumnya menyebabkan kanker serviks pada wanita. Di luar itu ada juga HPV tipe 31, 33, 45, 52 dan 58 yang juga disebut sebagai jenis berisiko tinggi.

2.  Ada di Mana-mana

HPV adalah virus yang sangat ditemukan dimana-ana. Sebagai contoh misalnya seorang wanita bisa saja terkena virus ketika menggunakan toilet kotor. Ketika vagina menyentuh permukaan toilet, ada kemungkinan virus bisa ikut berpindah menimbulkan lesi yang kemudian berkembang jadi kanker.

Ada sebuah studi yang menyebutkan bahkan virus dapat dijumpai di pegangan pintu rumah sakit.

3. Menyerang Pria Juga

HPV adalah jenis virus yang bisa menyebabkan kanker serviks dan rahim pada wanita, tapi tak hanya wanita saja yang terserang virus ini, priapun juga bisa terserang virus ini.

Jenis HPV yang berisiko tinggi bisa menyebabkan kanker pada pria. Sementara untuk HPV risiko rendah bisa menyebabkan kutil di alat kelamin.

Memang angka pada pria karean HPV lebih sedikit dibandingkan dengan kanker serviks. Sering pria yang terinfeksi hanya akan mengembangkan kutil di kelamin.

4. Bisa Kembali

Seseorang dapat terinfeksi HPV dari orang lain,walaupun orang lain tersebut tidak terlihat sakir atau lesi. Kutil kelamin yang muncul akibat dari terinfeksinya virus ini biasanya muncul beberapa pekan atau bulan setelah kontak fisik dengan orang yang terinfeksi.

Beberapa kutil kelamin dapat hilang dengan teknik pembekukan atau dengan laser. namun jika kutil ini tidak merespon pengobatan ini dokter dapat melakukan operasi untuk membuangnya. Meskipun demikian, ada kemungkinan besar kutil kelamin muncul kembali setelah pengobatan karena sekali lagi HPV.

5. Ada Vaksin untuk HPV

Saat ini di beberapa kota di Indonesia tengah dilakukan percobaan pemberian vaksin HPV. Artinya dengan pemeberian vaksi HPV ini bisa memeperkecil risiko terserang HPV.

Demikian mengenai Lima Fakta Mengenai HPV, Penyebab Kanker Serviks, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Lima Fakta Mengenai HPV, Penyebab Kanker Serviks"

Posting Komentar