Apakah Benar Kondisi Otak Bayi Prematur Pengaruhi Kondisi Kecerdasan

Apakah Benar Kondisi Otak Bayi Prematur Pengaruhi Kondisi Kecerdasan
Apakah Benar Kondisi Otak Bayi Prematur Pengaruhi Kondisi Kecerdasan - Dalam keadaan normal, bayi akan lahir setelah 9 bulan di kandungan. Tapi, ada beberapa kasus yang biasanya ada bayi lahir sebelum waktunya atau biasanya di sebut dengan kelahiran prematur.

Bayi prematur memang memiliki berbagai masalah perkembangan karena organ yang belum 'matang', misalnya saja otaknya. Tak pelak, kondisi ini kerap dikairkan dengan kecerdasan anak nantinya.

Menurut dr Agung Zentyo Wibowo, ketua Prematur Indonesia bagian otak pada bayi prematur belum memiliki mielinisasi yang sempurna atau lapisan lemak pada ujung saraf, dibandingakan dengan bayi yang lahir dengan normal. Hal tersebut yang menurut dr Agung akan mempengaruhi tumbuh kembang anak, termasuk kecerdasannya.

"Memang kemungkinan masalah tersebut berpengaruh pada kecerdasan dan IQ si anak. Namun itu bukan menjadi jaminan bahwa semua bayi prematur seperti itu, karena itu semua tergantung pada seberapa berat kasusnya," kata dr Agung.

Contoh kasus bayi yang lahir dengan berat normal di usia 26 minggu atau extremely preterm. Menurut ida, si bayi tetap berkesempatan memiliki kecerdasan yang baik walaupun otak belum terbentuk mielinisasi secara sempurna.

"Jadi modal di otaknya kalah sama bayi dengan kelahiran normal. Karena semakin cukup bulan bayi akan semakin baik dan kondisi otaknya juga bagus." sambung dr Agung.

Oleh karena itu sebaiknya para orang tua lebih wasapada ketika bayi lahir prematur. Selain itu, penting pula bagi orang tua ntuk rajin memberi stimulasi pada buah hatinya dem mengoptimalkan perkembangan otak si kecil.

Sementara, bayi prematur yang lahir dengan ukuran kecil juga bisa disebabkan usia kehamilan dan berat lahir yang kurang. Tapi, dr Agung menekankan belum tentu semua bayi prematur lahir dengan ukuran kecil.

Bayi yang prematur lahir 35 minggu tapi beratnya sudah 3kg. Ada juga sebaliknya, bayi lahir usia 38 minggu tapi beratnya 2kg. inilah kondisi dimana usia dan berat badan bayi tidak sesuai, atau BBLR (berat badan lahir renda-red).

Demikian mengenai Apakah Benar Kondisi Otak Bayi Prematur Pengaruhi Kondisi Kecerdasan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Apakah Benar Kondisi Otak Bayi Prematur Pengaruhi Kondisi Kecerdasan"

Posting Komentar