Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan
Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan - Saluran Pencernaan merupakan salah satu organ penting pada manusia. Organ-organ yang termasuk di dalamnya adalah mulut, faring, esofagus, lambung, usus besar dan usus halus.

Jika Anda sering mengalami mual, muntah, diare ataupun nyeri pada perut Anda, berarti ada yang tidak beres dengan sistem pencernaan Anda. Untuk itu agar kesehatan pencernaan Anda bisa tetap sehat, maka sebaiknya lakukan hal di bawah ini :

1. Pola Makan Teratur

Kunci menjaga kesehatan pencernaan yang paling utama adalah dengan menerapkan pola makan teratur. Ini karena lambung setiap hari memproduksi asam lambung, yang di pengunakan untuk mencerna makanan yang masuk.

Jika kadar asam lambung terus bertambah dan tidak ada makanan yang bisa di olah lambung, maka bisa saja asam lambung akan berpotensi melukai lambung. Nah, inilah fungsi kenapa sangat penting untuk mengatur pola makan teratur.

2. Minum Air Putih

Air Putih memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya dalah proses pencernaan, karena dapat melarutkan makanan agar tubuh mudah menyerapnya.

3. Perbanyak Makanan Berserat

Serat sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sebab zat ini mempermudah makanan sampai di saluran pencernaan bagian bawah. Ini akan menghindari Anda dari gangguan kesehatan pencernaan.

4. Pola Hidup sehat

Untuk menjaga lambung, maka sebaiknya Anda juga harus menerpaka pola hidup sehat dengan :

- tidak merokok, alkohol dan hindari stres
- tidak mengonsumsi makanan yang merasangsang peningkatan asam lambung, seperti kopi, sari buah sitrus,dan susu.
- Makanan pedas atau asam
- Makanan yang memperlambat pengosongan lambung, misalnya cokelat, keju, dan makanan berlemak lainnya.
- Makanan dan minuman yang mengadung banyak gas, misalnya sayur sawi, kol, brokoli, buah nangka dan minuman bersoda.

5. Olahraga Secara Teratur

Olahraga tak hanya membuat bagian tubuh luar sehat, tapi sistem pencernaan juga akan ikut sehat jika Anda secara teratur melakukan olahraga. Olahraga secara teratur terbukti dapat mencegah terjadinya sembelit, perut kembung dan iritasi di lambung.

Demikian mengenai Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan"

Posting Komentar