Fakta Penting Mengenai Kecoa dan Kesehatan

Fakta Penting Mengenai Kecoa dan Kesehatan
Fakta Penting Mengenai Kecoa dan Kesehatan - Mungkin kecoa sebagian banyak orang adalah hewan yang menjijikkan. Banyak orang yang takut dengan hewan yang satu ini. Apalagi saat sedang makan dan ada kecoa lewat, pastinya pada takut.

Ternyata ada sejumlah fakta penting kaitan kecoa dan kesehatan yang bisa menambah pengetahuan Anda:

1. Bisa Mengusir Kuman Super

Kecoa memang identik dengan hewan yang jorok, namun tahukan Anda bahawa kecoa sering memebrsihkan tubuhnya sendiri agar selalu bersih. Para ahli dari Nottingham University juga mengungkap kecoa memmpunyai lebih banyak manfaat dibanding risiko untuk kesehatan manusia.

Sampel jaringan yang diambil dari otak dan sistem saraf kecoa menunjukan sedikitnya ada kandungan senyawa yang bersifat toksis atau beracun bagi bakteri. Senyawan ini bahkan diklaim bisa membunuh bakteri hingga 90 persen bakteri super termasuk methicillin resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan Escherichia.

2. Bisa Menyebabkan Alergi

Kecoa Amerika (Periplaneta americana) dan kecoa Jerman (Blatella Germanica) paling mungkin menyebabkan alergi. Sebagian alergen beasal dari kotoran yang disebut dengan frass. Alergen ini hampir mirip dengan tungau debu yang bisa masuk keselaput lendir mata, idung dan paru yang memicu terjadinya reaksi alergi.

3. Berisiko Menularkan Penyakit Saluran Cerna

Karena kecoa hidup ditempat yang kotor, maka risiko menularkan penyakit saluran cerna, terutama diare. Kecoa juga bisa menyebarka bakteri-bakteri seperti Salmonella dan sebagainya.

Kebiasaan kecoa memebrsihkan diri bisa membuat telur cacing yang menempel di permukaan tubuhnya masuk ke dalam tubuh kecoa, termasuk kuman dan bakteri yang banyak beredar di tempat tinggalnya.

Untuk mencegah penularan penyakit akibbat kecoa, cara terbaik adalah menjaga hidup bersih dengan selalu mencuci tangan sebelum makan dan memastikan makana di tempat yang tertutup agar kecoa tak menghampiri. Yang tak kalah pentihg untu dilakukan adalah kebersihan lingkungan.

4. Bisa Jadi Obat

Meski hewan satu ini bisa menimbulkan penyakit, namun nyatanya kecoa juga diyakini bisa menjadi obat bagi sejumlah penyakit. Konon sakit perut, sakit jantung dan liver bisa diobati menggunakan ekstrak kecoa.

Obat dari kecoa sangat banyak ditemukan di Tiongkok, bahkan perusahan farmasipun mencari kecoa untuk diekstrak menjadi obat. Kemudian hal ini melahirkan perternakan kecoa.

5. Sering Salah Masuk Telinga Manusia

Banyak kasus kecoa yang salah masuk ke telingga manusia. Hal ini misalnya dialami oleh pria dari tiongkok yang bernama Mr Li. Li bangun di tengah malam karena telinga kanan gatal dan merasa sakit, akhirnya Li pergi ke Chang'an Xiaobian Hospital, Dongguan, Provisi Guangdong dan ditangani oleh seorang dokter yang bernama Yang Jing.

Ternyata setelah di cek, ada seekor kecoa yang masuk ke telingan pria tersebut. Dan yang lebih mengejutkan lagi, di dalam lagi terdaat 25 ekor bayi kecoa.

Demikian mengenai Fakta Penting Mengenai Kecoa dan Kesehatan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Fakta Penting Mengenai Kecoa dan Kesehatan"

Posting Komentar