Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bawaan

Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bawaan
Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bawaan - Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling sering menyebabkan kematian pada manusia. Terkadang penyakit ini juga datang mendadak tanpa kita duga-duga dan tanpa gejala apapun.

Terkadang ada beberapa orang yang terlihat sehat tapi tiba-tiba di teserang penyakit jantung, nah ini yang disebut penyakit jantung bawaan atau lebih tepatnya kelainan genetik. Penyakit jantung bawaan adalah salah satu klasifikasi kelainan jantung yang terjadi sejak lahir.

Penyakit jantung jenis terbagi dari beberapa jenis kelainan yakin berupa kelainan katup, kelainan dinding jantung atau kelainan irama jantung. Jika tidak ditangan dengan segera, penyakit ini bisa berakibat pada turun atau gagalnya fungsi jantung.

Tanda-tanda gagalnya fungsi jantung (lemah jantung) adalah sering bangun di malam hari karena sesak nafas. Sehingga harus tidur dengan posisi setengah duduk. Pada stadium lanjut, gejalanya dapat berupa kedua kaki membengkak.

Tak hanya itu, ada juga berupa rasa berdebar, yang umunya disebabkan irama jantung. Penderita dengan pembengkakan jantung dan kelainan irama bawaan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan mematikan, yang menyebabkan jantung berhenti mendadak.

Berikut adalah beberapa tanda dan gejala penyakit jantung bawaan yang dikutip dari klikdokter :

1. Muda Lelah dan Sesak

Fungsi jantung yang menurun akan menyebabkan penderita jantung bawaan merasa mudah lelah atau bahkan sesak nafas saat beraktivitas. Pada kondisi penyakit bawaan yang ringan, keluhan dirasakan ketika sudah dewasa.

Pada anak-anak dan remaja, berkeringan dingin saat aktivitas juga bisa menjadi gejalanya. Pada bayi, lelah dan sesak nafas tampak dapat diketahui dari ketidak mampuan menyusui dan keringat yang tampa saat menyusui.

2. Tampak Biru

Pada saat remaja dan anak-anak, kebiruan pada ujung jari dan mulu saat beraktivitas bisa menjadi pertanda kalau ada penyakit jantung bawaan. Pada kondisi jantung bawaan yang ringan , keluhan dirasakan ketika penderiita sudah dewasa.

Pada bayi, khusunya yang baru lahir, kebiruan merupakan suatu tanda penyakit jantung bawaan yang berat. Hal ini memerlukan prosedur medis dengan segera.

3. Terlihat Kurus dan Kecil

Penyakit jantung bawaan menyebabkan distribusi oksigen yang dibutuhkan metabolsime sel seluruh tubuh tidak cukup baik. Akibatnya, energi yang harus dipakai untuk bertumbuh dan berkembang tidak tercukupi dengan baik. Kadang kala, ini turut berpengaruh pada prestasi belajar di sekolah.

4. Sering Sakit

Anak yang sering sakit juga perlu dperiksakan ke dokter untuk ditelusuri penyebabnya. Pasalnya penderita penyakit jantung bawaan rentan terhadap infeksi saluran pernapasan dan menjadi sakit-sakitan.

Tanda-tanda yang disebut di atas dapat terdetekis ketika penderita masu bayi. Namun dapat baru tampak ketika sudah memasuki masa remaja atau bahkan dewasa.

Ketika ada kecurigaan penyakit jantung bawaan, maka segeralah untuk berkunjung ke dokter jantung agar diperiksa dengan elektrokardiogram (perekaman listrik jantung), foto sinar X dan echocardiography (USG jantung) agar penyakit jantung bawaan dapat diatasi sejak dini.

Demikian mengenai Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bawaan, semoga postingan kali ini dapat memberikan informasi tambahan yang bermanfaat untuk kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bawaan"

Posting Komentar