Deteksi Dini Penyakit Kusta agar Terhindar dari Cacat

Deteksi Dini Penyakit Kusta agar Terhindar dari Cacat
Deteksi Dini Penyakit Kusta agar Terhindar dari Cacat - Pada tanggal 29 januari kemarin adalah peringatan hari kusta sedunia. Hari kusta diperingati setiap tahunnya pada tanggal 29 januari yang ditetapkan pertama kali oleh Filantropis pada tahun 1953 sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian dunia.

Sekitar 214.000 kasus baru kusta yang dideteksi di seluruh dunia pada tahun 2014. Namun setelah diestimasikan lebih dari 3 juta orang penderita kusta tidak terdiagnosis.

Kusta atau dikenal dengan istilah lepra dan penyakit Hansen, adalah penyakit infeksi bakteri. Penyakit ini berkaitan dengan berbagai perubahan pada kulit.

Jarak dari waktu awal terinfeksi hingga muncul gejala dapat cukup lama dengan rata-rata 5tahun atau bahkan hingga 20 tahun pada sebagian kasus. Saat terdiagnosis, kusta dapat ditangai dengan pengobatan rutin selama periode waktu yang ditentukan tergantu ipe dari kusta itu sendiri.

Penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi berupa kelainan persarafan, kebutaan, dan kecacatann pada tangan dan kaki. Deteksi dini dari kusta sangatlah penting untuk dilakukan karena dari bagian pencegahan timbulnya komplikasi tersebut.

Selain kemungkinan terjadinya kecacatan, salah satu dampak yang dapat terjadia akibat dari deteksi lambat adalah kemungkinan terjadinya penyebaran infeksi di komunitas. Penularan pada kusta diduga terjadi akibat kontak kulit yang lama dan erat.

Terapi pengobatan yang diberikan untuk kusta adalah multi-drup therapy. Tujuan untuk mengurangi risiko menularnya bakteri dari individu yang mengalami kusta setelah menjalani pengobatan selama kira-kira dua minggu.

Deteksi dini memegang peranan oenting untuk setiap penyakit. Penanganan dini dari kusta juga berperan penting dalam mencegah penularan. Dengan melakukan deteksi dini pada kusta dihadapkan dapat menekan jumlah penderita kusta setiap tahunya di Indonesia.

Demikian mengenai Deteksi Dini Penyakit Kusta agar Terhindar dari Cacat, semoha postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Deteksi Dini Penyakit Kusta agar Terhindar dari Cacat"

Posting Komentar