Apa Penyebab Bisul dan Bagaimana Mengobati Bisul

Apa Penyebab Bisul dan Bagaimana Mengobati Bisul
Apa Penyebab Bisul dan Bagaimana Mengobati Bisul - Bisul adalah infeksi kulit yang menyeranf folikel rambut atau kelenjar minyak di bawah kulit. Awalnya bisul tampak seperti ruam kemerahan, yang jika disentuh akan terasa sakit dan keras. Tapi lama kelamaan bisul ini akan membesar dan melunak yang dipenuhi nanah. Kadang ada beberapa kasus benjolan bisa menjadi sebesar bola ping pong.

Bisul biasanya sering muncul di badan atau punggung, leher, ketiak, bokokng, atau selangkangan. Tapi bisulan dapat Anda alami dimana saja di seluruh daerah kulit berambut yang rentan berkeringat dan terkena gesekan.

Penyebab Bisul

Ada beberapa penyebab bisul, tapi penyebab bisul utama adalah bakteri yang bernama Staphylococcus aureus yang hidup di kulit, di dalam hidung, dan tenggorokan. Kulit merupakan bagian penting dari pertahanan kekebalan tbuh manusia terhadap materi asing dan kuman.

Beberapa bisul juga diakibatkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam. Kulit yang terinfeksi mengacaukan kerja sistem imun tubuh sehingga lokasi luka jadi bernanah.

Semua orang bisa mengalami bisulan, tapi lebih rentan bagi seseorang yang meminum obat tertenntu dan memiliki kekebalan yang lemah untuk menderita bisulan. Penyakit yang melamahkan kekebalan tubuh termasuk diabetes dan gagal ginjal. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, misalnya karena usia tua atau HIV, Anda juga bisa terkena bisulan juga.

Cara Mengobati Bisulan

Bisul yang matang pada umunnya bisa pecah sendiri dalam waktu 1-2 minggu, ditandai dengan nanah mengalir keluar dari kepala bisul. Untuk mempercepat proses penyembuhan bisul, Anda dapat melakukan pengobatan seperti dibawah ini:
  • Kompresi dengan air Hangat
    Lakukan kurang lebih selama 10 menit dalam sehari. Kompresi air hangat dapat mengurangi rasa sakit dan memancing nanak naik ke permukaan. Bisul dapat pecah lebih cepat setelah rutin dikompres dengan air hangat. Setelah menyentuh bisul segerakan cuci tangan.
  • Cuci dengan sabun antibakteri
    Ketika bisul mulai kering, cuci dengan sabu antibakteri sampai semua nanah terkuras habis dan lap dengan alkohol. Oleskan selep antibiotik dan tutup luka dengan perban. Rutin cuci bisul dan ganti perban dua sampai tiga kali sehari.
Perhatian, jangan sekali-kali memencet bisul. Memencet bisul meningkatkan risiko penyebabran infeksi meningkat. Bila infeksi bisul sudah menyebar, maka dapa menyebabkan kompilasi yang lebih serius. Contohnya adalah sulitis, jenis infeksi bakteri serius pada kulit. Infeksi juga bisa masuk ke dalam pada aliran darah dan memicu keracunan darah (sepsis) yang berpotensi menyebabkan infeksi pada organ-organ dalam tubuh, misalnya jantung (endocarditis) bahkan hingga ke tulang (ostemielitis).

Kapan Bisul perlu dibawa ke dokter?

Penyakit bisul biasanya jarang mendapatkan penanganan medis oleh dokter. Tapi kunjungi dokter jika bisul timbul lebih dari satu di waktu yag bersamaan, atau jika muncul salah satu atau lebih gejala di bawah ini:
  • Muncul diwajah
  • Timbul demam dan mengigil
  • Diameter lebih dari 5 cm
  • Tidak sembuh dalam 2 minggu (tidak kunjung pecah setelah pengobatan sendiri)
  • Kelenjar getah bening Anda membengkak
  • TImbul garis-garis atau kemerahan di kulit sehat sekitar bisul
  • Rasa sakitnya semakin parah
  • Anda memiliki murmur jantung, diabetes, masalah dengan sistem kekebalan tubuh, atau menggunakan obat-obatan yang melemahkn imun tubuh (misalnya kortikosteroid atau kemoterappi) dan muncul bisul di kulit.
Jika infeksi telah menyebar ke jarigan yang lebih dalam atau meluas, sampel nanah dapat diambil untuk mengindetifikasi jenis bakteri penyebab infeksi lebih akurat. Hasil sampel nanah dapat memandu dokter tentang pilihan antibiotik yang dapat digunakan untuk mengobati masalah Anda. Contoh obat yang telah digunakan dalam pengobatan bisul meliputi salep clindamycin, mupirocin, dan cephalexin.

Demikian mengenai Apa Penyebab Bisul dan Bagaiman Mengobati Bisul, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Apa Penyebab Bisul dan Bagaimana Mengobati Bisul"

Posting Komentar