Cara Mengecek Tekanan Darah di Rumah

Cara Mengecek Tekanan Darah di Rumah
Cara Mengecek Tekanan Darah di Rumah - Gaya hidup seseorang memang memepengaruhi kesehatan, salah satunya adalah tekanan darah. Dengan hidup sehat, maka tekanan darah akan menjadi normal. Dengan pemeriksaan rutin, pasien bisa mengetahui kadar tekanan darahnya dan efektivitas pengobatan.

Pengukuran tersebut bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Agar mendapatkan hasil yang akurat, pertama-tama pastikan alat pengukur tekanan darah Anda berfunsing dengan normal.

Baterai pada alat pengukur harus dalam keadaan full agar hasilnya bisa akurat. Kalau baterai dalam keadaan low, bisa berpengaruh dengan hasilnya.

Alat pengukur tekanan darah digital yang bisa digunakan dirumah memiliki ringkat akurasii yang sama dengan alat manual, yaitu 95-99%.

Selain itu perhatikan juga waktu pemeriksaan tensi. Pemeriksaan bisa dilakukan satu sampai dua kali. Waktu terbaik untuk mendapatkan tensi sesunggunya adalah pagi setelah bangun tidur dan pada malam hari sebelum tidur.

BIsa setelah bangun tidur dan sesudah meinum obat, atau pada malam haru sebelum tidur dalam keadaan tenang. Sebab tensi behubungan dengan detak jantung kita.

Tentu tak disarankan mengukur tensi setelal aktivitas ataupun setelah minum kopi yang bisa membuat jantung berdetak lebih cepat. Hanya lakukan saat kondisi tubuh rileks dan tidak dalam kondisi stres.

Bagi mereka yang memiliki hipertensi , pemeriksaan ini membantu merekam tekanan darah selama satu atau dua minggu. Hasilnya catatan pengukuran harus dilaporkan  ke dokter yang selama ini menangani Anda.

Ini bukan untuk menganti pengukurann di rumah sakit, tapi untuk membantu dokter juga sehingga punya diagnosis yang akurat.

Demikian mengenai Cara Mengecek Tekanan Darah di Rumah, semoga postingan kail ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Mengecek Tekanan Darah di Rumah"

Posting Komentar