Hindari Makanan Ini Saat Kram Menstruasi

Hindari Makanan Ini Saat Kram Menstruasi
Hindari Makanan Ini Saat Kram Menstruasi - Menstruasi adalah hal yang biasa pada wanita setiap bulan, tapi menstruasi bisa menjadi masalah  karena muncul gejala tubuh yang terasa tidak nyama, salah ssatunya adalah kram di perut.

Mungkin rasa nyeri pada perut akan di anggap sepele, karena biasanya akan hilang dengan sendirinya. Tapi kalau rasanya nyeri tak kunjung hilang, maka bisa-bisa menganggu aktivitas yang Anda lakukan.

Jika sudah menjadi seperti ini, maka jangan sembarang mengkonsumsi makanan dan minuman sembarangan. Karena ada beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh di konsumsi saat kram menstruasi. Berikut ulasannya yang di kutio dari tempo.co :

1. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol yang berlelbihan selama menstruasi dapat memperburuk kram dan membuat perut kembung. Sebab, alkohol mengandung zat diuretik yang menyebabkan retensi air dalam tubuh selama mens.

2. Kafein

Sebaiknya menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan minunan ringan lainnya, yang bisa memperburuk kram pada perut. Kafein bisa mempersempit pembuluh darah dan menaikan tensi yang memeperparah kram saat mens.

3. Cokelat

Cokelat mengandung kafein dan karenanya harus di hindai ketika Anda sedang mengalami kram saat menstruasi. Kafein dalam cokelat bisa memperburuk kondisi kram di perut Anda.

4. Daging Merah

Sejumlah studi menunjukkan fakta daging merah merangsang terjadinya kram saat mens. Asam arakidonat yang terkandung dalam daging merah menstimulasi prostaglandin, salah satu zat utama yang merangsang terjadinya kram menstruasi.

5. Produk Susu

Produk yang terbuat dari susu, sperti susu itu sendiri, yoghurt, mentega dan keju, juga megandung asam arakidonat, yang arti bisa menyebabkan kram menjadi lebih parah lagi.

6. Makanan Bercita Rasa Asin

Berbagai macam kripik, makanan olahan, garam meja, dan sejenisnya, merupakan jenis makanan yang haus dihindari saat kram menstruasi. Makanan dengan kadar garam tinggi bisa memicu retensi air dalam tubuh dan memperparah kram.

7. Acar

Makanan bercita rasa asin dan asam, diantaranya acar, mengandung sodium dalam jumlah banyaj, Kondisi bisa memperparah kram di perut karena menyebabkan retensi air dalam tubuh.

8. Makanan Kaleng

Makanan kaleng atau makanan yang sudah masuk proses setengah matang juga banyak mengandung sodium. Yang artinya bisa memperparah kram.

9. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar estrigen yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam rahim. Kondisi ini membuat kram saat mens akan semakin parah.

10. Gula

Gula memicu peradangan. Sebab itu, segala jenis  makanan dan minuman yang mengandung gula sebaiknya di hindari.

Demikian mengenai Hindari Makanan Ini Saat Kram Menstruasi, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Hindari Makanan Ini Saat Kram Menstruasi"

Posting Komentar