Keluar Urine saat Batuk? Ini Penyebabnya

Keluar Urine saat Batuk? Ini Penyebabnya
Keluar Urine saat Batuk? Ini Penyebabnya - Inkontinensia urine adalah kondisi ketidakmampuan menahan keluarnya urine. Anda mungkin lebih mengenalnya dengan istilah beser. Ada beberapa macam inkontinensia urine antara lain tipe stres, tipe urgesi, tipe overflow, dan tipe fungsional.

Salah satu yang paling umum ditemui adalah inkontinensia urine tipe stres. Biasanya keluhan ini dialami oleh wanita yang sudah lanjut usia. Wanita yang sudah melahirkan juga memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena inkontinensia urine tipe ini.

Inkontinensia urine tidak bisa menyebabkan kematian. Akibatnya orang sering  tidak terlalu memerhatikan permasalahan ini. Namun apabila hal ini didiamkan, akan mengakibatkan inkontinensia urine tahap lanjut. Dengan demikian kehidupan sosial menjadi terganggu.
Terdapat beberapa penyebab inkontinensia tipe stres. Salah satu penyebabnya adalah karena otot dasar panggul yang lemah atau kelemahan otot pada leher kandung kemih.

Dibandingkan pria, kebocoran urine ini memang lebih sering terjadi pada wanita. Hal ini diakibatkan oleh perubahan fisik pada wanita –contohnya akibat persalinan, menstruasi, menopause, dan operasi daerah pelvis.
Untuk mengurangi terjadinya inkontinensia urine tipe stres, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan:

Latihan Kegel
Latihan kegel dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: cobalah seolah-olah Anda sedang menahan buang air kecil. Dengan melakukan ini, maka Anda sedang melatih kekuatan kontraksi otot pelvis.

Bladder Training
Cobalah pergi ke toilet pada jam yang sudah ditentukan. Pada tahap awal, Anda dapat menjadwalkan untuk pergi ke toilet setiap satu jam sekali. Lalu, Anda dapat menambah lama interval Anda ke toilet seperti menjadi 90 menit. Lalu, gantilah lagi menjadi setiap dua jam.

Masalah inkontinensia urine atau gangguan buang air kecil sering kali menyebabkan kurangnya kepercayaan diri sehingga dapat membuat tidak nyaman beraktifitas. Penggunaan popok dewasa bisa menjadi solusi terhadap permasalahan tersebut.

Jika sering keluar urine saat batuk atau bersin? Jangan ragu untuk mengenakan popok dewasa dan mengunjungi dokter urologi terdekat. Keluhan Anda akan sangat terbantu dengan saran dari dokter.

Demikian mengenai Keluar Urine saat Batuk? Ini Penyebabnya, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Keluar Urine saat Batuk? Ini Penyebabnya"

Posting Komentar