Kenali Gejala Awal Serangan Stroke Ringan

Kenali Gejala Awal Serangan Stroke Ringan
Kenali Gejala Awal Serangan Stroke Ringan - Stroke ringan jangan di anggap sepele. Stroke ringan merupakan tanda sudah ada gangguan pembuluh darah di otak.

Stroke ringan bisa menjadi stroke bera dan menyebabkan kecacatan hingga kematian. Seperti dikutip dari situs Medical Daily, cara cepat mengenail dan megatasi stroke ringan adalah dengan FAST (Face, Arms, Speech, dan Time).

1. Face (Wajah)

Stroke ringan bisa menyerang bagian wajah. Mintalah orang yang dicurigaii stroke untuk tersenyum. Apablila wajah atau mulutnya menjadi tidak simetris saat senyum, waspadai stroke.

2. Arms (Lengan)

Mintalah orang yang dicurigai stroke mengangkat kedua lengannya dan tahan selama beberapa detik. Apabila salah satu lengan turun atau tidak bisa diangkat, kemungkinan mengalami stroke ringan.

3. Speech (Bicara)

Stroke juga mememngaruhi cara bicara seseorang karena terjadi gangguan pada bagian otak tertentu. Stroke bisa membuat melantur dan tidak jelas.

4.  Time (Waktu)

Waktu sangat berarti bagi kesehatan otak. Ketika sudah mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera bawa ke dokter, sekalipun gejala tiba-tiba hilang. Tindakan ini untuk mencegah kerusakan di otak.

Sementara itu, menurut American Stroke Association, ada beberapa gejala tambahan untuk stroke ringan yang dapat dikenali.

1. Mati rasa pada wajah, lengan atau kaki. Mati rasa biasanya hanya terjadi pada satu sisi tubuh.

2. Kebingungan, kesulitan berbicara dan memahami sesuatu.

3. Tiba-tiba mengalami kesulitan melihat pada satu atau kedua mata.

4. Kesulitan berjalan, pusing, kurang bisa menjaga koordinasi dan keseimbangan tubuh.

5. Sering sakit kepala yang cukup parah tanpa tahu penyebabnya dengan pasti.


Dokter Emil Matarese dari Medical Center St Mary, mengingatkan, kapan pun mengalami gejala tersebut, jangan tunda pemeriksaan ke dokter. Stroke pun kini tak hanya menyerang usia tua, tetapi juga usia muda.

Demikian mengenai Kenali Gejala Awal Serangan Stroke Ringan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Kenali Gejala Awal Serangan Stroke Ringan"

Posting Komentar