Mengenal Cedera yang Hentikan Andik Vermansah di Final AFF 2016

Mengenal Cedera yang Hentikan Andik Vermansah di Final AFF 2016
Mengenal Cedera yang Hentikan Andik Vermansah di Final AFF 2016 - Bagi seorang atlet, cidera merupakan sebuah risiko yang harus ditanggung, entah itu cidera ringan ataupun cidera parah yang harus terpaksa menghentikan laga selanjutnya.

Dari banyak cedera yang terjadi, terdapat beberapa cedera lazim terjadi dibidang tertentu. Hal ini berhubungan dengan bagaimana olahraga tersebut dilakukan, siapa yang melakukan dan bagaimana kemungkinanan kontak fisik yang terjadi.

Pada pertandingan leg pertama final AFF 2016 antara Indonesia melawan Thailand. Andik Vermansyah mengalami cedera yang memaksa Andik untuk keluar lapangan. Tapi kenapa Andik bisa cedera? Diakan tak ada yang menjagal, kok bisa cedera? Mungkin itu adalah beberapa pertanyaan yang ada di benak orang.

Cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) merupakan salah satu di anatar beberapa cedera yang lazim terjadi pada pemain bola. Cedear ACL ada;ah cedera pada ligament otot yang menyilang pada bagian depan lutut.


Ligamen ini berfungsi untuk membantu menstabilkan lutut denga mencegah tulang kering atau tibia ari gerakan yang berlawanan denga fungsinya. Dengan PCL (Posterior Cruciate Ligament), kedua otot ini memberikan fungsi sempurna yang berfungsi untuk berlari dan melakukan beberapa gerakan lainnya.

Lalu, mengapa cedera ini sangat mungkin terjadi pada pemain sepak bola?
Mengenal Cedera yang Hentikan Andik di Final leg pertama Piala AFF 2016:

Akibat Gerakan Mendadak

Sekitar 70% dari cedera ACL adalah cedera nonkontak yang sering diakibatkan oleh perlambatan gerakan mendadak, seperti saat menggocek bola, melakukan gerakan berputar, ataupun mendarat denfan satu kaki setelah menyundul bola.

Adanya Kontak Fisik

Adanya kontak fisik dari lawan yang berlangsung mengarahkan pada bagian luar kaku ataupun lutut membuat ACL gagal berfungsi untuk menstabilkan, sehingga terjadi perengangan dan membuat tarikan otot berlebihan.

Sama hal denga Ronaldo disaat babak final Euro, pemain lawan menghatam keras bagian luar kaki Ronaldo dan membuatnya kehilangan kestabilan, sehingga Ronaldo terjatuh dan harus dibawa keluar lapangan.

Demikian mengenai Mengenal Cedera yang Hentikan Andik Vermansah di Final AFF 2016, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Mengenal Cedera yang Hentikan Andik Vermansah di Final AFF 2016"

Posting Komentar