5 Makanan yang Bisa Lawan Stres

5 Makanan yang Bisa Lawan Stres
5 Makanan yang Bisa Lawan Stres - Stres, semua orang pasti pernah mengalami hal ini, terutama mereka yang tinggal di perkotaan yang semuanya sibuk, rame, bising dan macet. Hal-ha berikut adalah penyebab utama stres. Ada banyak cara untuk menghilangkan stres, mulai dari liburan atau melakukan meditasi.

Namun selain itu, ada cara lain, yaitu dengan asupan makanan yang tentunya bisa membantu memperbaiki kesehatan mental Anda. Pada tingkat gangguan stres ringan, asupan dengan kandunagn vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan dapat membantu Anda agar suasana hati menjadi lebih cerah.

Lalu apa saja makanan yang bisa membuat suasana hati Anda menjadi semakin membaik? berikut adalah 5 Makanan yang Bisa Lawan Stres:

1. Blueberry

Menurut sebuah studi yang dipublikasi oleh Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB), buah blueberry bisa mengurangi tingkat stres dan depresi seseorang. Hal ini karena blueberry mengandung antioksidan yang tinggi dapat melawan hormon stres kortisol. Dan pada studi lain, blueberry sempat diteliti untuk menjadi terapi orang-orang dengan post-traumatic stress disorder (PTSD)

2. Gandum Utuh

Gandum utuh memiliki kandunga tinggi asam amino yang bernama trytophan sangat penting untuk pembentukan hormon serotonin dan melatonin dalam tubuh. Seperti diketahui bahwa hormon serotonin dapat memicu rasa bahagia dan membuat tubuh menjadi rileks sementara hormon melatonin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus tidur.

Studi yang dilakukan pada tahu 2011 oleh peniliti di University of Delaware menunjukan bahwa diet gandum utuh dapat membantu mengurangi mood swings, kecemasan, dan depresi.

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti almond dan walnut merupakan sumber baik untuk protein, lemak omega 3, serat antioksidan. Kandungan tersebut memiliki efek yang baik untuk mengurangi stres. Almond dan walnut merupakan pilihan yang bagus, karena kedua kacang tersebut mengandung magnesium yang bisa membuat rasa tenang.

4. Coklat Hitam

Coklat sudah dikenal banyak orang untuk menghadapai stres yang sedang melanda diri. Coklat hitam adalah antideprsan alami. Dalam coklat hitam mengandung trysie yang dapat menstimulasi produk hormon dopamine. Kandungan cocoa dalam coklat hitam juga bisa mendorong produksi hormon serotonin dan endorfin yang memicu rasa bahagia.

5. Produk Susu

Produk olahan susu seperti keju, yoghhurt dan bentuk lainnya diketahui bisa mengurangi stres. Dan lebih disarankan lagi jika ingin mengonsumsi porduk susu sebaiknya memiliki yang tidak ditambah gula, agar gula darah Anda tidak menumpuk berlebih dan membuat masalah baru lagi.

Demikian mengenai 5 Makanan yang Bisa Lawan Stres, semoga postinngan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Makanan yang Bisa Lawan Stres"

Posting Komentar