Bahaya Keseringan Mengigit Kuku

Bahaya Keseringan Mengigit Kuku
Bahaya Keseringan Mengigit Kuku - Kebiasaan yang dilakukan sejak kecil dan tidak ada pencegahan dari orang tua, biasanya akan dilakukan sampai dia dewasa atau bahkan saat di juga sudah mempunyai anak.

Salah satu kebiasaaan yang dilakukan yang banyak di lakukan orang adalah kebiasaaan mengigit kuku. Mungkin mengigit kuku tidak terlihat berbahaya, tapi di dalam kuku terdapat kuma yang bisa membahayakan kesehatan.

Nah, berikut adalah beberapa bahaya keseringan mengigit kuku, seperti yang dikutip dari kompas.com :

1. Lebih mudah terserang infeksi kuman, seperti radang tenggorokan hingga diare

Tidak peduli seberapa teliti Anda mencuci tangan, nyatanya sangat sulit untuk menghilangkan semua kuman dan kotoran dari bagian dalam kuku Anda.

Juru bicara kesehatan Texas A&M University mengatakan, "Kebiasaan ini memberikan akses gratis pada kuman dan kotoran untuk masuk ke mulut, tenggorokan, dan perut Anda.”

Setelah kuman yang berada di bawah kuku masuk ke dalam tubuh, kemungkinan Anda mengalami sakit dapat meningkat secara signifikan.

2. Infeksi kuku

Menggigit kuku dapat meningkatkan risiko infeksi serius pada daerah sekitar kuku yang dikenal sebagai paronychia.

Gejalanya termasuk buku jari merah, terjadi bengkak dan menyakitkan di sekitar kuku, atau robeknya kutikula di sekitar kuku yang terasa sakit.

Jika terjadi infeksi bakteri, kemungkinan besar akan muncul nanah di daerah luka. Lebih buruk lagi, jika Anda menggigit kuku yang memiliki kutil yang disebabkan oleh virus, maka dapat membuat kutil menyebar ke daerah lain.

3. Mengubah struktur gigi

Gigi dirancang untuk mengunyah makanan dan tidak boleh digunakan sebagai alat pemotong benda keras seperti kuku.

Sering menggigit kuku dapat menyebabkan gigi Anda bergeser keluar dari tempat. Selain itu, kuman juga berpotensi menginfeksi atau menyebabkan iritasi pada gusi.

4. Kuku bisa tumbuh ke bawah

Menggigit kuku secara berlebihan dapat membuat kulit bawah kuku menjadi berubah sehingga menyebabkan kuku tumbuh ke bawah kulit.

Kondisi ini tentu sangat menyakitkan dan berpotensi menyebabkan luka serta infeksi. Sehingga, operasi merupakan cara untuk menyelesaikan konsekuensi dari menggigit kuku yang satu ini.

5. Risiko keracunan meningkat

Menggigit kuku yang sedang dipoles cat kuku bisa sangat membahayakan kesehatan. Cat kuku biasa memiliki banyak racun dan bahan kimia yang bisa berbahaya jika tertelan.

Meskipun jumlah rendah toksisitas kemungkinan besar tidak akan menunjukkan efek berbahaya, namun Anda juga perlu memperhitungkan konsekuensi jangka panjang yang potensial dari kebiasaan tak sengaja menelan cat kuku.

Demikian mengenai Bahaya Keseringan Mengigit Kuku, semoga postingan kali in bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Bahaya Keseringan Mengigit Kuku"

Posting Komentar