Gangguan Tidur yang Jarang Diketahui

Gangguan Tidur yang Jarang Diketahui
Gangguan Tidur yang Jarang Diketahui - Tidur adalah salah satu kebutuhan paling penting, setelah makan, tidur adalah suatu kebutuhan yang tidak bisa di tinggalkan. Normalnya orang tidur delapan jam sehari, tapi setiap orang berbeda-beda durasi tidurnya. Saat kita tertidur maka tenaga yang sudah terpakai akan kembali terisi. Tubuh manusia itu ibarat baterai isi ulang.

Tapi sebagian orang tidak bisa tidur dengan nyenyak karena memiliki gangguan saat tidur. Namun ada beberapa gangguan yang jarang di bicarakan orang atau bahkan banyak yang belum tahu.

Gangguan tidur juga bisa menjadi pertanda kalau seseorang mempunyai penyakit. Beberapa gangguan tidur seperti hypnagogic hallucination, sindrom kepala meledak hingga seksomnia diragukan keseriusan bahayanya, padahal kondisi ini benar-benar ada. 

Berikut Gangguan Tidur yang Jarang Diketahui orang, yang di rangkum dari berbagai sumber :

Hynagogic Hallucination

Pernah merasa limbung, mendengar suara-suara aneh atau melihat penampakan saat baru bangun tidur? Tenang, Anda tidak sedang mengaami konidisi supernatural. Para ahli mengatakan kalau hal ini disebut dengan hypnagogic hallucination.

Herbert Silberer, salah satu pakar alam bawah sadar, mengatakan hypnagogic hallucination tidak berbeda dengan sleep paralysis. Hanya saja hypnagogic hallucination terjadi karena seorang baru bangun tidur sementara sleep paralysis terjadi saat seseorang tidur.

Sindrom Kepala Meledak

Sindrom kepala meledak atau exlploding head syndrome tidak benar-benar membuat kepala orang yang mengalami sindrom ini benar-benar pecah, ini hanyalah ketika Anda tidur dalam keadaan nyenyak. Tapi tiba-tiba bangun oleh suara keras dan tajam seperti ledakan, bahkan kadang-kadang digambarkan sebagai suara bom, pistol, atau simbal.

Tidak ada rasa sakit atau bahaya yang terjad pada sindrom ini. Penyebab pasti sindrom kepala meledak pun belum diketahui tapi diyakini hal ini terkait engan penyakit serius.

Cara mengobati sindrom kepala meledak sama seperti parasomnia lainnya dengan mengurangi stres, menghindari pemicu potensial seperti obat dan alkohol dan tidur teratur.

Seksmonia

Kondisi ini adalah adalah salah satu parasomnia (aktivitas abnormal tertentu yang terjadi selama tidur). Orang dengan seksomnia mengalami gangguan di mana akan bertindak seksual ketika tidur, misalnya melakukan masturbasi dan hubungan seks dalam keadaan tidak terjaga.

Cara mengobati gangguan ini adalah dengan mengamankan lingkungan tidur dan tidur sendirian sampai kondisi membaik. Mengobati gangguan tidur lain, berhenti mengunakan obat-obat terlaran atau berhenti minum minuman beralkohol dapat membantu mengatasi seksomnia. alam beberapa kasus, obat-obatan diperlukan untuk mengatasi seksomnia.

Demikian mengenai Gangguan Tidur yang Jarang Diketahui, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Gangguan Tidur yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar