5 Gerakan untuk Mengurangi Sakit Pinggang saat Hamil

5 Gerakan untuk Mengurangi Sakit Pinggang saat Hamil
5 Gerakan untuk Mengurangi Sakit Pinggang saat Hamil - Saat seorang wanita sedang hamil, maka beban tubuhnya akan bertambah karena sedang mengadung seorang bayi, dan hal ini bisa menyebabkan punggung wanita yang sedang hamil akan mengalami sakit. Faktanya hal ini adalah yang sangat sering terjadi pada wanita hamil, sekitar 50 sampai 80 persen wanita mengalami sakit pinggang saat hamil.

Hal ini karena saat hamil, wanita akan mengelurkan lebih banyak hormon relaksin yang menyebabkan ligamen dan struktur struktur yang menemplekan tulang dengan sendi meregang terutama di bagian panggul.

Ada beberapa gejala sakit pinggang saat hamil yang perlu diketahui oleh Anda yang sedang hamil, berikut adalah beberapa gejalanya:

- Nyeri di sepanjang saraf sciatica, yaitu dari bokong ke bawah belakang paha dan menjalar ke kaki

- Nyeri yang konstan atau dapat pula hilang timbul pada satu sisi bokong atau kaki.

- Nyeri tajam atau panas

- Rasa baal atau seperti tertusuk tusuk, atau bahkan kelemahan pada kaki yang terkena.

- Kesulitan berjalan, berdiri, atau duduk

Jika Anda mengalami gejala seperti di atas, maka sebaiknya Anda menghubungi dokter untuk konsultasi.

Cara Mengurangi Rasa Sakit Pinggang Saat Hamil

Penanangan sakit pinggang saat hamil bisa meliputi pemijatan, terapi chiropractic, dan fisiotreapi. Anda dapat melakukan perengangan sendiri di rumah untuk membantu meregangkan otot otot kaki, bokong, dan pinggul, agar tekanan pada saraf sciatica dapat berkurang.

Beberapa ibu hamil merasa akan lebih baik saat melakukan olahraga tanpa beban, seperti berenang. Hal ini disebabkan karena saat berenang, beban bayi akan menjadi lebih ringan karena air membantu menopang berat badan bayi.

Anda juga bisa mencoba peregangan di bawah ini untuk mengurangi nyeri dan ketidaknyamanaan Anda:

1. Peregangan Meja

- Beridirlah di hadapan meja dengan kaku yang terbuka seikit lebih lebar dari pinggul. Lalu tariklah tubuh Anda kedepan dengan kedua tanga di atas meja.

- Pertahankan agar lengan Anda tetap lurus dan punggung Anda tidak melengkung. Lalu tarik pinggul Anda menjauhi meja hingga Anda merasa pungung bawah dan bagian belakang kaki Anda teregang.

- Pertahankan posisi ini selama 30 detik atau 1 menit. Dan ulangi gerakan ini dua kali sehari.

2. Peregangan Otor Piriformis

- Duduklan di atas kursi dengan kedua telapak kaki menjejak sempurna pada lantai. Lalu bergantung pada sisi yang terkena, jika Anda merasa nyeri disisi kiri, maka teruhlan pergelangan kaki kiri Anda pada lutut kanan.

- Lalu tegakan punggung dan regangkan tubuh ke depan sampai Anda merasa bagian bokong Anda terasa teregang. Pertahankan posisi ini selama 30 detik.

3. Rolling Otot Gluteus dan Hamstring

- Taruhlah sebuah roller busa pada lantai. Duduk di atas roller, dan letakkan kedua tangan di belakang tubuh untuk bertumpu pada lantai. Silangkan kaki ke atas lutut yang lain, sehingga membentuk angka '4'.

- Secara perlahan gerakan tubuh Anda ke depan dan belakang di atas roller hingga Anda menemukan titik yang nyeri. Teruskan gerakan ini selama 30 sampai 1 menit. Lalu ulangi pada sisi yang berlawanan.

4. Pigeon Pose

- Posisikan telapak tangan dan lutut Anda pada lantai. Selanjutnya posisikan lutut kanan Anda hingga berada di antara kedua lengan. Rentangkan kaki kiri ke belakang, dan pertahankan agar punggung kaki Anda menempel pada lantai.

- Letakkan gulungan handuk di bawah pinggul kanan untuk membantu agar peregangan menjadi lebih mudah. Lalu jatuhkan badan Anda secara perlahan-lahan ke atas kaki kanan Anda hingga sedekat mungkin ke tanah. Anda bisa menaruh bantal di bawah kepala dan lengan untuk membantu Anda.

- Pertahankan Posisi selama 1 mentan, lalu ulangi di sisi yang lain.

5. Peregangan Pinggul

- Berlutut di bawah lantai dan taruh kedua telapak tangan Anda pada lantai. Langkahkan salah satu kaki ke depan sehingga pinggul dan lutut Anda membantuk sudut 90 derajat.

- Lalu pindahkan beban tubuh Anda ke depan hingga merasa tergang pada bagian depan dari pinggul dan kaki Anda. Pertahankan posisi tersebut selama kurang lebih 30 detik dan ulangi sisi berlawan.

Selama kehamilan nyeri pinggang saat hamil memang sering di alami oleh ibu hamil. Dan peregangan tersebut bisa membantu Anda untuk meringankan rasa sakit pinggang. Sakit pinggang saat hamil bisa menjadi semakin parah jika Anda hanya duduk atau berdiri dalam jangka yang lama, usahkan untuk melakukan perpindahan sepanjang hari.

Dan yang paling penting adalah memperhatikan tubuh Anda dan hentikan aktivitas yang membuat nyeri pinggang menjadi lebih parah. Selalu konsultasikan kepada dokter sebelum Anda melakukan olahraga apapu. Agar saat melakukan olahraga risiko cedera bisa di minimalisir.

Demikian mengenai 5 Gerakan untuk Mengurangi Sakit Pinggang saat Hamil, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Gerakan untuk Mengurangi Sakit Pinggang saat Hamil"

Posting Komentar