Ini Mitos Haid yang Wajib Anda Tahu

Ini Mitos Haid yang Wajib Anda Tahu
Ini Mitos Haid yang Wajib Anda Tahu - Bagi seorang wanita haid merupakan hal yang biasa terjadi setiap bulannya. Siklus bulanan ini akan dialami wanita yang sudah memasuki masa pubertas. Kondisi ini disebabkan karena tidak terjadi proses pembuahan sel telur oleh sperma di dalam rahim.

Tapi yang menjadi masalah adalah masih banyaknya mitos yang berkembang mengenai wanita yang sedang haid, dan sebagian banyak orang juga mempercayai mitos mengenai haid tersebut. Apa saja mitos yang sering didengar mengenai haid, berikut adalah beberapa mitosnya:

1. Jangan Tidur Siang

Ada mitos yang berkembang ditengah masyarakat kita kalau sedang mengalami haid tidak boleh tidur siang, karena dipercaya bisa membuat kepala menjadi pusing setelah tidur. Percayalah, ini hanyalah mitos belaka.

Tak ada bukti ilmiah mengenai hal ini. Bahkan bila memungkinkan, Anda bisa tidur siang sat Anda merasakan nyeri atau rasa sakit dan rasa tidak nyaman di bagian perut bawah Anda.

2. Minum Soda Memperlancar Haid

Banyak orang percaya kalau minum soda bisa memperlancar haid. Hal tersebut lebih baik dilupakan saja, karena tidak ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini.

Kelancaran haid bukan ditentukan minum soda atau tidaknya, tapi tergantung denga kondisi rahim dan hormon wanita tersebut. Sedang soda hanya memperngaruhi pencernaan. Jadi minum soda tidak ada hubungannya dengan kelancaran haid Anda.

3. Tidak Boleh Memotong Rambut

Banyak mitos mengenai haid yang menyebar di  masyarakat kita, dan mitos yang mugkin paling sering didenngan adaalah tidak boleh potong rambut saat sedang haid. Hal ini tidak benar, karena potong rambut tidak berpengaruh pada haid, bahkann tidak ada hubungannya sama sekali. Jadi silahkan jika ingin potong rambut saat kondisi haid, hal ini cuma mitos belaka.

4. Tidak Boleh Keramas

Ada mitos yang dipercaya sebagian orang kalau keramas saat haid dapat di percaya bisa menyebabkan kanker. Ada pula yang mengatakan kalau keremas saat sedang menstruasi juga bisa menyebabkan haid tidak lancar.

Hal tersebut tidak benar. Anda boleh saja keramas saat Anda menstruasi. Keramas tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan apapun. Justru saat Anda sedang mengalami haid, menjaga kebersihan tubuh secara rutin akan membuat Anda menjadi nyaman.

5. Makanan Asam Perlancar Haid

Makanan asam, seperti nanas dan mangga, dipercaya dapat memperlancar haid. Hal ini tidaklah benar. Tidak ada makanan tertentu yang dapat memperlancar haid.

Walaupun begitu, makan mangga dan nanas boleh saja saat sedang haid, karena tidak berpengaruh apa-apa, malah sering makan buah akan membuat tubuh semakin sehat dan nutrisi tubuh terpenuhi.

Bagaimana, Sudah tahukan kalau hal-hal di atas cuma mitos belaka yang tak harus di ikuti. Dan jika Anda masih punya pertanyaan, maka pergi ke dokter dan tanyakanlah.

Demikian mengenai Ini Mitos Haid yang Wajib Anda Tahu , semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya. jangan lupa hidup sehat.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Ini Mitos Haid yang Wajib Anda Tahu"

Posting Komentar