Beberapa Hal yang Bisa Membuat Anda Mimpi Buruk

Beberapa Hal yang Bisa Membuat Anda Mimpi Buruk
Beberapa Hal yang Bisa Membuat Anda Mimpi Buruk - Mimpi adalah bunga tidur, tapi tak semua mimpi baik atau indah. Setiap orang pernah mengalami yang namanya mimpi buruk, dan sering kali membuat orang terbangun tengah malam denga keringat berkucuran seluruh badan.

Memang mimpi buruk adalah hal yang biasa, semua orang pernah mengalaminya. Dalam dunia medis, mimpi buruk tergolong parasomnia. Parasomnia adalah gangguan tidur yang melibatkan kejadian tak diinginkan pada seseorang yang hendak, sedang, atau terbangun dari tidur.

Ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang mengalami mimpi buruk, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Ada beberapa obat yang jika di konsumsi maka akan memengaruhi zat kimia dalam otak, dan ini berisiko menyebabkan seseorang mengalami mimpi buruk. Obat-obatan tersebut adalah antidepresan dan narkotika. Beberapa obat penurunan tekanan darah juga berisiko membuat seseorang mengalami mimpi buruk. Dan mencoba berhenti untuk mengonsumsi minuman keras atau tergantuang obat-obatan pun bisa memicu mimpi buruk pada seseorang.

2. Kelelahan dan Kurang Nutrisi

Ternyata kebiasan makan bisa berhubungan denngan mimpi buruk. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan orang yang mengonsumsi banyak karbohidrat pada malam hari sebelum tidur bisa meningkatkan aktivitas otak dan metabolisme tubuh. Dan hal ini bisa menyebabkan mimpi buruk pada seseorang.

Tak hanya makanan saja, ternyata stamina fisik juga memperngaruhi mimpi. Jika tubuh dalam keadaan lelah, maka hal ini bisa memicu seseorang mimpi buruk. Kurang tidurpun bisa membua seseroang mengalami mimpi buruk.

3. Gangguan Mental

Gangguan mental yang terjadi pada seseorang bisa mempengaruhi mimpi menjadi buruk. Depresi dan kecemasan adalah salah satu penyebab orang mengalami mimpi yang buruk. Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) adalah salah satu penyebabnya.

Gangguan PTSD (post traumatic stress diorder) merupakan gangguan mental akibat dari trauma setelah mengalami kejadian tertentu yang mengancam hidup seseorang. Hal biasanya sering terjadi pada seseorang yang mengalami kekerasan seperti pemerkosaan atau bencana alam seperti banjir atau kebakaran.

Mimpi buruk biasanya akan seperti bayang bayang rekaman ulang kejadian yang membuat trauma. Suatu masalah atau konflik yang belum menemui penyelesaiannya juga bisa memicu seseorang mengalami mimpi buruk.

Kepribadian seseorang juga bisa mempengaruhi berkaitan dengan mimpi. Seseorang yang sensitif, sering menghindari konflik, memendam masalah dan mudah kecewa lebih renta mengalami mimpi buruk. Sebab bagi mereka, hidup dianggap berat dan tanpa sadar terbawa ke alam bawah sadar.

Oleh karena itu, penting untuk tetapt menjaga pikiran tetap positif dan menjaga kesehatan tubuh. Bersikap positif dan menghindari stres supaya mimpi buruk tak menghantui. Dan Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Demikian mengenai Beberapa Hal yang Bisa Membuat Anda Mimpi Buruk, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Beberapa Hal yang Bisa Membuat Anda Mimpi Buruk"

Posting Komentar