Cara Mencegah Ngantuk Setelah Makan

Cara Mencegah Ngantuk Setelah Makan
Cara Mencegah Ngantuk Setelah Makan - Pagi hari adalah awal untuk memulai semua aktivitas yang akan kita lakukan. Dan awal yan baik untuk pagi hari adalah dengan mengisi tenaga agar saat menjalani aktivitas yang berat kita tidak kekurangan tenaga. Sarapan adalah cara untuk mengisis tenaga di pagi.

Tapi tak jarang ada beberapa orang malah justru menghindari sarapan karena takut nanti saat berangkat kerja atau sekolah menjadi ngantuk. Tidak dipungkiri, jenis makanan yang menentukan kondisi ngantuk atau tidak. Beberapa makanan yang bisa membuat ngantuk setelah memakannya adalah makanan yang memiliki tinggi karbohidrat, lemak, dan kaya akan gula.

Kenapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, lemak dan gula bisa membuat ngantuk? Pasalnya, jenis makanan ini menyebabkan peningkata kadar gual darah secara drastis di dala tubuh. Kemudian, tubuh akan meresponnya dengan melepaskan hormon insulin yang merupakan hormon pengubah makanan menjadi energi kita untuk beraktivitas nanti.

Nah, disaat yang sama juga, otak mengelurakan hormon yang bernama serotonin dan melatonin. Hormon ini bekerja untuk membuat tubuh menjadi relaks dan cenderung menjadi lebih ngantuk.

Selain beberapa faktor yang disebutkan di atas, saluran cerna ternyata juga turut andil dalam menimbulkan rasa ngantuk setelah makan. Sebab, saat makanan menapai usus, tubuh meresponsnya dengan mengaktifkan susunan saraf yang bekerja pada saluran cerna.

Hal ini menyebabkan penurunan aliran darah ke otak. Yang akibatnya terjadilan penurunan konsenntrasi berpikir dan menimbulkan rasa ngantuk setelah makan.

Tapi, tenang saja. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba agar setelah makan tidak ngantuk lagi. Mau tahu tipsnya seperti apa? Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah ngantuk setelah makan:

  1. Jangan Lewatkan Sarapan
    Pada penjelasan di atas, ada beberapa orang yang enggan untuk sarapan karena takut nanti akan ngantuk. Tapi, faktanya malah kebalikan. Tidak sarapan akan menyebabkan rasa lapar yang menumpuk dan kemungkin besar akan berakibat pada makan siang yang tidak terkontrol, baik jenis makanan maupun porsi yang di makan. Jadi jangan lupa untuk sarap sebelum beraktifitas. Baca juga akibat ditimbulkan karena tidak sarapan

  2. Olahraga Ringan pada Jam Makan 

    Olahraga bisa membantu untuk memperbaiki aliran darah dalam tubuh, serta meningkatkan pasokan oksigen dan energi ke sel sel di dalam tubuh. Tidak perlu olahraga berat, Anda cukup berjalan mengelilingi kantor atau rumah, atau Anda juga bisa keluar ruang sambil menghirup udara segar.

  3. Perhatikan Komposisi Makanan Anda

    Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, lemak dan gula akan bisa membuat Anda menjadi lebih ngantuk lagi. Karena itu, sebisa mungkin batasi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan gula. Gantilah atau perbannyak komposisi makanan yang mengandung serat, seperti sayuran, roti gandum dan buah - buahan.
Bagaimana? Sudah tahu sekarang, kenapa setelah makan menjadi ngantuk. Rasa ngantuk yang timbul setelah makan bisa membuat produktivitas akan menjadi berkurang. Maka dari itu pastikan makanan Anda, konsumsilah makanan yang tidak terlalu tinggi karbohidrat, lemak, dan gula.

Demikian mengenai Cara Mencegah Ngantuk Setelah Makan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Mencegah Ngantuk Setelah Makan"

Posting Komentar