Makanan yang Bisa Menjaga Kolesterol Tetap Normal

Makanan yang Bisa Menjaga Kolestrol Tetap Normal
Makanan yang Bisa Menjaga Kolesterol Tetap Normal - Saat seseorang memiliki kolesterol tinggi, maka dia perlu memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam mulutnya. Nah, salah satu kunci penting untuk menjaga kolesterol tepat normal adalah dengan pola makan dan hidup yang sehat.

Bahan makanan yang di makan juga harus di olah dengan sehat, diollah dengan tepat, dan dikonsumsi dengan jadwal yang teratur juga. Tak hanya dengan makanan saja untuk menjaga kolesterol tetap normal, tapi juga  menerapkan oleharaga secara rutin dan teratur.

Olahraga yang rutin dan makan makanan yang sehat secara teratur juga menurunkan risiko serangan jantung secara signifikan. Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati karena saat kita bisa mencegah suatu penyakit datang, maka biaya pengobatan akan menjadi semakin kecil. Itulah salah satu keuntungan mencegah sesuatu hal buruk terjadi.

Untuk kalian yang kebetulan menderita kolesterol tinggi, berikut adalah beberapa makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi yang bisa Anda coba di rumah:

1. Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah buahan memang memiliki manfaat kesehatan yang banyak untuk tubuh. Salah satu manfaat dari sayur dan buah memberikan asupan serat, dan memberikan efek kenyang yang lama sehingga bisa mencegah makan berlebih dan kelebihan kalori.

Sayuran dan buah buahan juga memiliki nutrisi yang kaya dan memebrikan rasa segar. Sayuran hijau seperti selada, bayam, dan sawi memberikan serat yang cukup untuk menangkal lapar tanpa perlu terlalu banyak makan nasi putih.

Jika Anda terbiasa mengisi waktu luang dengan nyemill sesuatu, maka mulai sekarang gantilah cemilan Anda dengan buah-buahan yang lebih sehat. Buah buahan segar seperti apel dan semangka dapat menyegarkan mulut dan membantu kita menahan untuk  makan cemilan manis tinggi kalori di sela-sela menu makan utama.

2. Kacang-kacangan

Kacang kacangan memiliki kandungan protein yang tinggi. Beragam kacang sangat mudah untuk ditemukan di pasaran, seperti halnya kacang hijau, kacang merah, kacang polong, dan edamame. Tak hanya mengandung asupan protein saja, kacang- kacangan juga bisa menurunkan kolesterol jahat dan membantu menjaga kadar gula darah denga tetap memebrikan rasa kenyang. Namun, porsi harus diperhatikan agar tidak berlebihan.

Karena dengan jumlah yang terlalu banyak, maka bisa menambah kalori dalam tubuh Anda dan hal ini bisa membuat berat badan Anda menjadi bertambah lagi.

3. Roti Gandum dan Beras Merah

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi dan ingin makan nasi, maka sebaiknya jangan pilih nasi putih. Pilihlah nasi merah atau roti gandum yang sumber karbohidrat yang bisa menjaga kadar gula agar tetap stabil. Hal ini disebabkan karena dalam gandum memiliki kandungan vitamin, mineral dan serat yang tinggi. Tak heran jika mengonsumsi gandum bisa mengurangi risiko beberap penyakit seperti diabetes, jantung, hingga kanker.

4. Flosterol

EHA (European Heart Association) memberikan pentunjuk untuk menangani kolesterol. Petunjuk ini membahas tentang suplemen makanan yang dapat menurunkan kolesterol pada orang yang memiliki kolesterol tinggi, yang belum membutuhkan obat. Atau pada orang orang yang sudah minum obat tapi masih sulit untuk mengedalikan kadar kolesterolnya.

5. Ikan Laut

Ikan ikanan  seperti ikan salmon, sarden, mackerel atau tuna memilki kandungan omega3 yang tinggi dan berperan sebagai antioksidan dan anti radang yang turut menjaga kesehatan pembuluh darah jantung. salmon memilii efek anti pembekuan darah yang bisa menjaga aliran darah agar tetap lancar. Tak hanya itu ikan laut berfungsi untuk membantu menaikan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita.

Nah, bagaimana? Anda sudah tahu apa saja makanan yang baik untuk kesehatan Anda kan. Untuk menjaga kolesterol tetap normal, maka jalanilah pola hidup dan makan yang sehat.

Demikian mengenai Makanan yang Bisa Menjaga Kolesterol Tetap Normal, semoga pada postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian. Janga lupa share jika artikel ini bermanfaat.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Makanan yang Bisa Menjaga Kolesterol Tetap Normal"

Posting Komentar