Kanker Mata - Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Kanker Mata - Penyebab, Gejala dan Pengobatan
Kanker Mata - Penyebab, Gejala dan Pengobatan - Mendengar kata kanker saja sudah membuat buluk kita merinding, karena kanker adalah penyakit yang sulit untuk di obati dan kanker adalah salah satu penyakit yang membuat banyak orang kehilangan nyawanya. Penyakit yang satu ini memang sangat ditakuti oleh semua orang karena keganasannya.

Mata adalah organ yang sangat penting untuk kita, mata berguna untuk melihat yang ada disekeliling kita, dengan mata yang sehat tentunya kita juga melihat segala sesuatu dengan enak tanpa ada gangguan.

Nah, kanker juga bisa menyerang mata yang merupakan kanker yang jarang terjadi dan biasanya menyerang bagian luar mata, misalnya kelopak mata atau bagian dalam mata (kanker intraokular). Tak hanya itu, kanker mata ini juga bisa menjadi penyebabaran dari kanker di organ lain.

Kanker mata juga memiliki beragam jenis. Pada anak-anak, jenis kanker mata biasanya dialami adalah retinoblastoma yang berawal dari retina. Sementara pada orang dewasa, jenis kanker intraokular yang paling sering muncul dalam melanoma dan limfoma.

Penyebab Kanker Mata

Seperti halnya kanker - kanker lain, kanker mata juga mempunyyai sebab pertembuhan tidak di terkendali dari sel-sel yang mengalami mutasi. Namun, penyebab di balik proses mutasi tersebu masuh belum diketahui secara pasti.

Beberapa pakar kesehatan menduka kalau ada beberapa hal yang kemungkinan bisa memicu kemunculan kanker mata ini. Beberaoa di antaranya adalah sebagai berikut:

- Pancaran Sinar matahari dan ultraviolet (UV)
- Faktor usia adalah salah satu risiko terjadi kanker mata, semakin bertambah umur seseorang, maka semakin besar juga risiko kanker mata.
- Warna mata juga menjadi faktor terjadi kanker mata, misalnya warna mata sepeerti warna abu-abu, hijau, dan biru akan lebih berisiko tinggi terkena kanker mata.
- Kelainan kulit turunan. Kulit turunan memiliki kecenderungan membentuk tahi lalat di berbagai area kulit tubuh kita, umumnya berisiko berkembang menjadi melanoma di mata dan kulit.

Gejala Kanker Mata

Sebagian besar melanonma pada mata tumbuh pada bagian dalam mata yang cenderung tidak terlihat, sehingga sangat sulit untuk terdeteksi. Kanker mata juga jarang menimbulkan gejala yang mencolok. Jika ada indikasi yang muncul, biasanya seperti:

- Sering merasa silau
- Muncul bintik hitam pada iris mata
- Pandangan kabur atau bahkan kehilangan kemampuan untuk penglihatan
- Terasa ada bintik-bintik serta garis yang menghalangi pandangan.
- Pembengkakan pada salah satu mata
- Perubahan bentuk pupil atau jaringan di sekitar mata
- Benjolan pada kelopak atau benjolan mata yang semakin membesar

Jika ada salah satu atau beberapa gejala yang Anda alami, sebaiknya segeralahh periksakan diri Anda kedokter untu melakukan pemeriksaan. Perubahan kemampuan penglihatan secara signifiakan dan muncul secara mendadak sebaiknya segera di periksakan.

Jika kanker mata dapat di deteksi secara dini, maka kemungkinan akan sembuh juga akan menjadi besar. Dan jika tidak ditanganni segera maka akan di khawatirkan akan menyebar ke bagian tubuh lain dan juga bisa menyebabkan glaukoma dan kebutaan.

Diagnosis Kanker Mata

Proses diagnosis pada awal kanker mata umumnya di lakukan oleh dokter spesiallis mata. Selain menanyakan gejala-gejala yang Anda alami, dokter juga akan memeriksa lebih detail yang mungkin dianjurkan, seperti berikut:

- Pemeriksaan Kondisi Mata, seperti optalmoskopi dan biomikroskopi
- USG mata
- Angiogram untuk memeriksa pembuluh darah di dalam dan pada sekiar tumor.
- Prosedur pengambilan sampel jaringan atau biopso untuk diperiksa di laboratorium.

Jika setelah di periksa Anda positif mengidap kanker mata, maka biasanya dokter akan menyarankan tes lanjutan guna memeriksa penyebaran kanker. tes darah, CT dan MRI scan, serta USG perut merupakan contoh tes yang dianjurkan.

Pengobatan Kanker Mata

Jika Anda mengidap kanker mata, maka pengobatan yang akan dianjurkan oleh dokter ditentukan berdasarkan jenis kanker mata muncul, ukuran tumor, dan tingkat penyebabran. Usia dan kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan juga berpengaruh besar dalam keputuan ini. Langkah pengobatan yang utama pad kanker mata adalah:

- Radioterapi
- Kemoterapi
- Terapi Laser. Salah satunya adalah menggunakan sinar infra merah
- Operasi yang meliputi pengangtakan tumor dan sebagian jaringan sehat di sekitarnya atau pengangkatan seluruh bola mata.

Demikian mengenai Kanker Mata - Penyebab, Gejala dan Pengobatan, semoga postingan kali bisa bermanfaat buat kaliann semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Kanker Mata - Penyebab, Gejala dan Pengobatan"

Posting Komentar