Tips Aman Membeli Obat di Toko Obat

Tips Aman Membeli Obat di Toko Obat
Tips Aman Membeli Obat di Toko Obat - Membeli obat di toko obat? Kenapa tidak. Nemun, sebelum melakukannya ada yang mesti Anda perhatikan demi terjaminnya produk yang dibeli.

Diungkapkan drs Arustiyono, Apt, MPH dari Deputi Bidang Pengawasan Produk Terapetik dan NAPZA, Badan POM RI, konsumen boleh-boleh saja membeli obat di toko obat yang golongganya termasuk obat bebas dan obat bebas terbatas. Tapi ingat, untuk obat keras termasuk antibiotik, obat tidur, dan obat untuk penyakit seperti diabates dan jantung semestinya hanya dijual di apotek.

Nah, kalau masyarakat mau beli obat di toko obat, pastikan toko obatnya punya izin. Biasanya, di plangnya ada tulisan toko obat X dengan nomor izin sekian, dan apotekernya ini. Itu jelas.

Jika memang masyarakat hendak membeli obat di apotek tetapi terkendala harga, Aru menyarankan belilah obat generik. Sebab, pada prinsipnya obat paten dan generik memiliki khasiat sama. Hanya bedanya, nama obat paten merupakan nama dagang yang berasal dari pabrik, sedangkan pada obat generik, yang digunakan adalah nama kimia zat aktif tersebut.

Mindset bahwa obat paten lebih manjur ketimbang obat generik itu harus diubah. Dua-duanya sama berkhasiat. Tapi jangan lupa, belinya harus di tempat resmi. Kalau beli di toko obat yang nggak jelas, jangan. Takutnya itu obat palsu atau obat kedaluwarsa kan. Meski memang beberapa apotek juga pernah ditemukan menjual obat palsu, yang seperti itu perlu didalami lagi.

Seperti pilek itu bisa sembuh sendiri sebetulnya. Jadi kita harus sabar jangan pengen cepet sembuh minta antibiotik padahal nggak perlu. Dokter juga diharap lebih rasional, jangan asal pasien berobat dikasih antibiotik. Lalu kalau pasien dapat resep obat, tebus di tempat yang bisa dipertanggungjawabkan.


Sebab, harga obat yang mahal tak bisa dipungkiri jadi salah satu alasan masyarakat terpaksa membeli obat di tempat yang tak jelas, karena harganya yang lebih murah.

Demikian mengenai Tips Aman Membeli Obat di Toko Obat, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tips Aman Membeli Obat di Toko Obat"

Posting Komentar