4 Hal untuk Mencegah Kanker Hati

4 Hal untuk Mencegah Kanker Hati
4 Hal untuk Mencegah Kanker Hati - Sirosis dan kanker hati merenggut nyawa politikus kondang Sutan Bhatoegana. Semua orang punya risiko, tapi untungnya kondisi tersebut bisa dihindari dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Infeksi hepatitis kronis bisa menyebabkan sirosis atau pengerasan hati. Demikian juga penyalahgunaan alkohol. Dalam jangka panjang, sirosis bisa berkembang menjadi kanker hati.

Beberapa rekomendasi gaya hidup sehat yang bisa diterapkan untuk menghindari risiko kanker hati antara lain sebagai berikut, seperti dirangkum dari Mayo Clinic dan berbagai sumber.

1. Kurangi Minum Alkohol

Minum minuman beralkohol sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Apalagi terlalu banyak minum alkohol bisa menyebabkan kerusakan pada hati, dan berakibat ke kanker hati.

2. Hindari Perilaku Seksual Berisiko

Infeksi hepatitis kronis bisa menular dari perilaku seks yang tidak aman. Yakni, bergonta-ganti pasangan tanpa menggunakan alat pengaman kondom. Penggunaan suntik jarum yang tidak steril seperti pengguna narkoba bisa menularkan virus hepatitis B dan C. keduanya berisiko terena kanker hati.

3. Vaksin Hepatitis B

Penularan hepatitis kronis bukan hanya terjadi melalui seks dan penyalahgunaan narkoba. Penggunaan pisau cukur secara bergantian juga bisa menularkannya, demikian juga pertukaran cairan plasenta antara ibu hamil dengan janin yang dikandungnya. Karena semua berisiko, maka vaksi bisa menjadi pilihan untuk melindungi diri sendiri. Vaksin untuk hepatitis C memang belum ada, tetapi vaksin hepatitis B sudah banyak tersedia.

4. Olahraga

Berolahraga adalah cara paling efektif untuk mencegah semua penyakit, dan salah satunya adalah untuk mencegah kanker hati. Berolahraga secara teratur juga bisa menyehatkan tubuh.

Demikian mengenai 4 Hal untuk Mencegah Kanker Hati, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "4 Hal untuk Mencegah Kanker Hati"

Posting Komentar