Studi: Status Sosial bisa Merusak Sistem Imun

Studi: Status Sosial bisa Merusak Sistem Imun
Studi: Status Sosial bisa Merusak Sistem Imun - Individu yang berada dalam kelompok sosial menegah ke bawah memang rata-rata kualitas kesehatannya bisa lebih rendah daripada individu sosial tingkat atas. Alasnya karena perbedaan gaya hidup, pendidikan, atau akses kesehatan terhadap layanan kesehatan.

Namun di luar faktor-faktor tersebut, studi terbaru melihat bahwa berada dalam kelompok status sosial yang rendah itu sendiri dapat secara langsung memengearuhi sistem imun tubuh. Peneliti dari Duke University mengetahuinya setela melakukan eksperimen terhadap monyet rhesus.

Seperti dipublikasi dalam jurnal science, peneliti mengatakan alasan mengapa eksperimen dilakukan pada monyet karena tidak ada faktor lain yang bisa memengaruhi tingkat kesehatan individu. Pada monyet hanya ada faktor status sosial sehingga hasilnya digambarkan 'sangat mungkin' juga untuk manusia.

Dengan melihat 45 monyet, peneliti membagi setiap individu ke dalam kelompok satu per satu. Setiap monyet yang baru masuk secara otomatis status sosialnya menjadi yang paling bawah dan lewat sampel darah sistem imunnya diperiksa.

Hasilnya diketahui ada 1.600 perbedaan aktivitas genetik antara monyet yang berada di status sosial paling bawah dan paling atas. Perbedaan tersebut membuat sistem imun menjadi terlampau agresif memicu peradangan yang merusak.

"Studi yang kami tunjukkan ada sesuatu yang lain, bukan karena perilaku individu yang membuatnya berujung pada kesehatan yang lebih buruk," ujar salah peneliti Dr Noah Snyder-Mackler.

"Kita tahu bahwa merokok, konsumsi makanan tidak sehat, dan jarang olahraga buruk untuk tubuh sehingga tanggung jawab umumnya jatuh pada individu. Pesan yang disampaikan oleh studi kami adalah ada aspek lain dari status sosial rendah yang di luar kendali individu dan berdampak negatif untuk kesehatan," lanjutnya.

Mengapa hal ini terjadi belum diketahui pasti, namun berteori individu di kelompok sosial paling bawah memiliki tingkat yang paling tinggi. Stres tinggi lalu memicu reaksi buruk dengan sistem imun.

Demikian mengenai Studi: Status Sosial bisa Merusak Sistem Imun , semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Studi: Status Sosial bisa Merusak Sistem Imun"

Posting Komentar