Cara Mengatasi Luka Lambung Secara Alami

Cara Menagatasi Luka Lambung Secara Alami
Cara Mengatasi Luka Lambung Secara Alami - Lambung adalah organ manusia yang bertugas untuk memproses makanan. Terkikis lapisan lambung berisiko menyebabkan terjadinya luka lambung, terutama pada bagian dindingnya. Kondisi ini kerap disebut ebagai tukak lambung. Alhasil, lapisan lendir melindungi perut dari cairan pencernaan dapat berkurang. Disinilah asam pencernaan terbalik menggerogoti lapisan lambung lapisan lambung sehingga bagian dinding terkikis.

Kondisi paling umum yang disebabkan tukak lambung adalah ulu hati. Biasannya orang yang berumur di atas 60 tahun lebih berisiko megalami kondisi semacam ini. Meskipun nyatanya, tukak lambung dapat terjadi pada semua usia. Sebenarny luka lambung ini mudah untuk di obati, namun jika pengobatannya tidak tepat justru akan memperparah keadaan.

Sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter, mengobati luka lambung ringan masih bisa dilakukan sendiri secara alami. Berikut adalah cara mengatasi luka lambung secara alami seperti yang dilansir dari alodokter.com :

1. Konsumsi Pisang

Terlepas dari kebenaran bahwa pisang tidak menghilangkan luka lambung yag sudah ada, namun setidaknya pisang melindungi lapisan perut sehingga dapat meringankan gejala sakit maag. Jadi apabila Anda mulai merasakan gejala-gejala sakit maag, mengonsumsi pisang secukupya adalahh pilihan yang tepat.

2. Makan Ubi Jalan Putih

Makan ubi jalar yang berwarna putih dapat meringnkan sakit maag. Penelitian telah membuktikan bahwa ubi jalar putih bersifat menyembuhkan luka.

3. Konsumsi Madu Murni

Memperbanyak konsumsi madu selain baik untuk kesehatan juga dapat membantu menyembuhkan luka lambung atau sakit maag. Madu adalah antibiotik alami yang bersifat anttibkateri H. pylori yang menyebabkan sakit lambung. Beberapa sendok madu setiap hari sudah cukup membantuk memulihkan kondisi lambung.

4. Konsumsi licorice

Seperti halnya madu, akar manis (licorice) juga bisa dimanfaatkan untuk melawan bakteri H. pylori. Akar ini ambil ekstraknya kemudian untuk membantu menyembuhkan sakit maag. Namun, Anda disarankan untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi ekstrak akar manis untuk menghindari efek samping yang mungkin membahayakan.

5. Utamakan Makanan yang Kaya Antioksidan

Sembarang memilih makanan dapat membuat radikal bebasa turut masuk ke lambung. Radikal bebas ini bersifat memecah lapisan pelinndung lambung dan membuat kondisi maag memburuk. Karenanya, konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan yang pada dasarnya berfungsi menhancurkan radikal bebas. Jenis makanan yang kaya antiosidan, antara lain teh hijau,kacang-kacangan, cokelat, aneka jenis buah beri, jus delima, jus anggur, dan produk berbahan dasar tomat.

6. Lebih Mempertimbangkan Makanan yang Mengandung Flavonoid

Flavonoid adalah senyawa organi. Seperti halnya zat antioksidan, flavonoid bersifat menghancurkan radian bebas sehingga dapat melindungi lapisan perut. Makanan yang kaya flavonoid adalah apel, jeruk, stroberi, bluberi, tomat, teh hijau, teh hitam, teh oolong, dan buah persik.

7. Minum Jus Kubis

Mungkin terdengar anek jika kubisa dijadikan jus, namun manfaat minuman ini dinalai efektif dalam menyembuhkan luka lambung. Jus kubis mengadung bakteri peghasul asam laktat. Bakteri inilah yang kemudian secara alami melawan bakteri penyebab sakit pada lambung. Takaran jus kubis yang di anjurka adalah 50 ml sebanyak dua kali sehari. Manfaat meminum jus kubis untuk mengatasi luka.

Perlu diperhatikan. walaupun sudah melakukan perawatan secara alami yang menyehatkan juga. Tapi memperiksakan secara rutin adalah hal terbaik untuk mencegah penyakit lambung kambuh.

Demikian mengenai Cara Mengatasi Luka Lambung Secara Alami, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Mengatasi Luka Lambung Secara Alami"

Posting Komentar