Cara Alami Mengatasi Sariawan

Cara Alami Mengatasi Sariawan
Cara Alami Mengatasi Sariawan - Sariawan adalah luka kecil yang biasnya muncul di dalam mulut, pipi, dan lidah. Nah, walaupun sariawan tidak membahayakan, tapi memiliki sariawan sangatlah tidak enak, apalagi pas mengonsumsi makanan pedas, maka rasanya akan sakit sekali.

Timbulnya sariawan tidak diketahui secara pasti, namun kejadian seperti mulut yang tergigit terlalu keras dan saat menyikat gigi yang terlalu kuat juga diyakini bisa memicu munculnya sariawan.

Meskipun rasa perih yang timbul sangat tidak menyenangkan, tapi sariawan biasanya tidak akan berbahaya, dan berangsurnya waktu sariawan bisa hilang dengan sendiri tanpa peru di beri obat. Namun, ada beberapa tindakan yang mungkin bisa Anda coba untuk mengatasi sariawan Anda agar tidak terasa sakit, berikut adalah ulasannya:

1. Larutan Garam

Berkumur-kumur dengan campuran air garam selama kurang lebih selama 5 menit, bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan Anda. Selain itu, larutan garam juga diyakini memiliki kemampuan anti peradangan dan anti bakteri yang dapat mencegah sariawan Anda berkembang semakin parah. Tak usaah terlalu banyak, satu setengah sendok teh pun sudah cukup untuk membuat larutan ini.

2. Madu

Madu memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, dan madu juga bisa mengatasi sariawan Anda untuk proses penyembuhan dan mengurangi rasa perih yang ditimbulkan. Dalam penelitian yang dilakukan dari Universitas Arab Saudi tehadap 94 patisipan yang menemukan, bahwa terdapay peurunan rasa sakit yang timbul serta sariawan yang muncul setelah pastisipan mengoleskan madu di atas sariawan mereka selama empat hari. Hal ini diyakini karena adanya kemampuan anti peradangan dan anti bakteri yang dimiliki oleh madu.

3. Kelapa

Kelapa juga diyakini mampu mengurangi rasa sakit serta mencegah peradangan memburuk. Mengolesi sariawan dengan campuran madu, susu, kelapa atau dengan minyak kelapa sebanyak empat kali sehari, bisa mengatas sariawan. Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh, yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

4. Menghindari Makanan Asam

Makanan asam disinyalir mampu menyebabkan kerusakan permukaan suatu jaringan tubuh. Sehingga membatasi konsumis makanan asam dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah perkembangan kondisi sariawan tersebut. Sebagian besar sayuran, susu, dan air kelapa memiliki derajat keasaman yang rendah, sehingga aman untuk sariawab Anda.

5. Kantung Teh Bekas

Menempelkan kantung tek bekas selama kira-kira lima menit pada sariawan diyakini dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Ini karena teh meruapakan suatu zat basa yang dapat menetralisir keberadaan asam yang mampu memperburuk rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan.

Demikian mengenai Cara Alami Mengatasi Sariawan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Alami Mengatasi Sariawan"

Posting Komentar