Ini Manfaat Pohon Ulin untuk Kesehatan yang ditanam Raja Salman

Ini Manfaat Pohon Ulin untuk Kesehatan yang ditanam Raja Salman
Ini Manfaat Pohon Ulin untuk Kesehatan yang ditanam Raja Salman - Sebelum raja arab datang ke Indonesia, beritanya sudah menjadi banyak perbincangan di berbagai media cetak maupun online. Semua membahas kemewahan saat raja salman akan datang, mulai dari mobil mewah yang dibawah oleh raja salman dan kebutuhan lainnya.

Agenda Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud adalah untuk menjalin kerja sama pada kedua negara dalam bebagai bidang. Tapi ada yang menarik dalam kunjungan Raja Arab Saudi tersebut.

Pada siang tadi Presiden Indonesia Joko Widodo dan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud, menanam sebuah pohon  yang bernama pohon Ulin di halaman Istana Kepresidenan. Rupanya, pohon kayu besi yang khas dari kalimantan itu bukan sembarang pohon lho. Memiliki bentuk yang kuat dan kokok, ternyata pohon Ulin memiliki manfaat kesehatan untuk pengobatan lever dan perut.

Seperti mengutip dari lama Science and Technology Research News, pohon ulin yang memiliki nama latin Libidibia Ferrea, Ini ternyata tak hanya tumbuh di Kalimantan saja, juga tumbuh di hutan Amazon. Pohon Ulin juga memiliki potensi besar sebagai tanaman terapeutik. Bahkan di Brazil, sudah ada ekstrak dari kulit pohon ulin yang digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat sabun antibakteri.

Dilansir dari situs resmi perpustakaan Universitas Indonesia (UI), yang berjudul aktivitas antibakteri ekstrak daun kayu ulin terhadap metchicillin resistant staphylococus aureus (MRSA), telah terukti memiliki aktivitas antibakteri sehingga penggunaan ekstrak ulin dapat dikembangkan menjadi alternatif antibiotik dalam menangani infeksi MRSA, seperti penyakit pada tulang, sendi, darah, katup jantung, dan infeksi paru-paru.

Dalam sebuah studi yag diterbitkan pada tahun 2014, oleh Emerson Silva Lima, profesor dari Federal University of Amazonas juga menunjukkan hal yang sama seperti penelitian di atas, bahwa pada kulit kayu ulin mengandung antioksidan yang dapat digunakan untuk mengobati gangguan lever.

Dan baru-baru ini peneliti dari University of Sao Paulo (USP), Amazonas State University (UEA), Federal University of Sao Paulo (UNIFESP) dan Federal University of Para (UFPA), juga sedang menguji ekstrak pohon ulin untuk agen anti-penuaan.

Demikian mengenai Ini Manfaat Pohon Ulin untuk Kesehatan yang ditanam Raja Salman, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Ini Manfaat Pohon Ulin untuk Kesehatan yang ditanam Raja Salman"

Posting Komentar