5 Penyakit yang Muncul Karena Pemanasan Global

5 Penyakit yang Muncul Karena Pemanasan Global
5 Penyakit yang Muncul Karena Pemanasan Global - Semakin hari bumi semakin tua dan rentan, dan karena penebangan liar dan polusi yang hasilkan dari pabrik pabrik, mesin, dan lain sebagainya membuat bumi semakin panas, atau bisa disebut dengan pemanasan global.

Jika pemanasan global terus berlanjut, maka hal ini bisa berkibat buruk untuk kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Para ilmuawan memperingatkan tentang mencairnya salju di kutub, naiknya permukaan laut, dan cuaca esktrim bisa terjadi.

Tak hanya ekosistem alam yang terganggu. Tapi, ada ancaman lain yang mungkin sudah muncul, penyebabran penyakit yang mematikan. Lapisan es yang mencair bisa melepaskan 'zombie patogen' yang telah membeku dalam es selama ribuan tahun. Dan di sisi lain, pemanasan suhu akan memungkinkan penyakit dari serangga akan menyebar lebih luas.

Ancaman sekarang terbatas pada daerah tropis kemungkinan akan menjadi masalah lebih luas lagi diseluruh dunia. Nah, berikut adalah beberapa penyakit yang bisa muncul karena pemanasan global:

1. Penyakit dari Kutu

Seperti halnya nyamuk, kutu mungkin akan menemukan habitat baru dan bisa menyebarkan penyakit ketika bergerak. Salah satu contoh yang muncul adalah Babesiosis, penyakit yang disebabkan oleh parasit babesia microti.

Penyakit ini ditemukan di timur laut dan wilayah tengah Utara Amerika Serikat, dan infeksi terjadi di musim panas. Ketika musim panas, berarti lebih banyak orang dewasa yang terkena penyakit babesiosis, menurut sebuah malakalah di jurnal disease Clinics of North America tahun 2014.

2. Antraks

Pada akhir bulan Juli 2016, wabah antrak menyerang kawanan rusa di Serberia, menewaskan lebih dari 2000 rusa, sejumlah orang juga jatuh sakit. Sebuah bangkai yang membeku dari 75 tahun yang lalu akhirnya mencair saat musim panas dan mencairkan tanah beku.

Antraks sangat kuar, bentuk spora menular dikeliliingi oleh shell protein yang dapat aman dalam es selama berabad-abad di tanah beku, kata George Stewart, seorang bakteriologi kedokteran di Universitas of Missouri College of Vaeterinary Medicine.

3. Penyakit 'Zombie'

Antraks bukan satu-satunya patogen yang membeku dalam lapisan es. Pada tahun 2015, peneliti mengungkap bahwa virus besar yang mereka temukan di permafrost Siberia masih bisa menular setelah 30.000 tahun membeku. Untungnya, virus hanya menginfeksi amuba dan tidak berbahaya bagi manusia.

Namun, keberadaan meningkatkan kekhawatiran patogen mematikan seperti cacar atau virus yang tidak diketahui dianggap punah, mungkin bersembunyi di permafrost. Kegiatan manusia seperti pengeboran minyak dan pertambangan di tanah beku sirberia bisa menggangu mikroba yang telah aktif selama ribuan tahun.

4. Zika

Virus zika biasanya tidak menimbulkan gejala atau demam ringat dan ruam pada orang dewasa, tetapi dapat menghancuran ketika mengifeksi wanita hamil. Virus zika bisa menyebabkan keguguran dan mikrosefali pada janin. Vektor utama untuk zika adalah nyamuk Aedes aegypti, sama halnya dengan demam berdarah dan chikungunya.

Pemanasan global yang terjadi bisa menyebabkan kekeringan pada daerah daerah tropis dan menyebabkan peningkatan Aedes aegypty jika ada genangan air di lingkungan rumah. Genangan air yang ada bisa menjadi tempat kesukaan nyamuk dan tempat tersebut bisa menjadi tempat berkembang biak nya nyamuk.

5. Kolera Meningkat

penyakit bisa menyebar melalui air yang terkontaminasi. Penelitan menunjukkan, dalam pemenasan global, wabah kolera bisa meningkat. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 di American Geophsical Union menemukan, peningkatan suhu dan banjir yang disebabkan perubahan iklim bisa meningkatkan kolera di daerah dengan sanitasi buruk.

Air dapat menyebabkan air yang terkontaminasi meluas, para peneiti melaporkan. Sementara, kondisi kekeringan dengan volume air kecil kecil terdapat koleras Vibrio.

Seperti kata David Morens, penasihat ilmiah senior di Insitut Nasional Alergi memperingatkan kalau kolera adalah dalam daftar kekhawatiran tertinggi sebagai efek perubahan iklim.

Demikian mengenai 5 Penyakit yang Muncul Karena Pemanasan Global, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Penyakit yang Muncul Karena Pemanasan Global"

Posting Komentar