Kebiasan Buruk yang Bisa Sebabkan Tuberkulosis

Kebiasan Buruk yang Bisa Sebabkan Tuberkulosis
Kebiasan Buruk yang Bisa Sebabkan Tuberkulosis - Tuberkulosis adalah salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, negara Indonesia 'naik peringkat; menjadi negara terbanyak kedua yang memiliki penderita tuberkulosis di dunia, dan urutan pertama di tempati oleh India.

Menurut lembaga kesehatan dunia atau World Health Organization, terdapat kurang lebih 8,8 juta insiden kasus tuberkulosis di seluruh dunia pada tahun 2010. Dari total 8,8 juta orang yang mederita tuberkulosis, 1,1 juta orang meninggal dunia.

Angka yang cukup mengejutkan bukan, dari 8,8 juta penderita, dan 12,5 persen meninggal dunia. Lalu, bagaimanan tuberkulosis ini bisa terjadi?

Hubungan pola hidup yang tidak sehat dan tuberkulosis sangatlah erat kaitannya. Beberapa kebiasaan buruk diketahui bisa mebuat Anda berisiko tinggi terserang tuberkulosis. Berikut adalah kebiasan buruk yang sering Anda lakukan dan berisiko tinggi teserang penyakit ini:

1. Mengonsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol memang memiliki efek buruk pada tubuh, apalagi saat mengonsumsi secara berlebihan, ini bisa membahayakan kesehatan Anda. Saat Anda mengonsumsi alkohol, maka risiko terkena tuberkulosis meningkat sebanyak tiga kali lipat.

2. Tidak Mempraktikkan Konsep Hidup Sehat

Rumah yang jarang terkena paparan sinar matahari mempunyai risiko lebih tinggi dari pada rumah yang terbuka dan terkena sinar matahri. Kuman tuberkulosis rentan terhadap sinar ultraviolet. Karena itu, pastikan ventilasi rumah Anda terbuka dengan baik dan sempurna. Jadi, bila ada kuman tuberkulosis, maka kuman tersebut tidak tahan berada di rumah.

3. Tidak Mengonsumsi Makanan Bergizi

Pola makan yang sehat dan baik adalah kunci kesehatan. Jika kekurangan gizi maka ini bisa menjadi faktor terkenanya tuberkulosis. Makanan yang yang bergizi tinggi sangat penting untuk tubuh kita, terutama untuk daya tahan tubuh. Contohnya, protein yang Anda konsumsi akan menjadi bahan baku pembentukan antibodi.

4. Tidak Menjalankan Pengobatan penyakit yang Menurunkan Imun Tubuh dengan Baik

Penurunan imun tubuh bisa mempermudah Anda terkena tuberkulosis. Beberapa penyakit yang bisa menurunkan imun adalah diabetes dan HIV/AIDS. Untuk penderita diabetes harus sangat berhati-hati, karena penderita diabetes rentan 3 kali lipat terkena tuberkulosis. Sedang penderita HIV/AIDS lebih besar lagi risiko terkena tuberkulosis, sebanyak 26-31 kali lipat dibandngkan bukan penderita.

5. Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang sulit untuk dihilangkan, karena hal ini sudah turun temurun sejak dulu. Seperti yang Anda tahu, kalau merokok memang tidak sehat, terutama untuk paru paru. Nah, dengan merokok, maka risiko terkena tuberkulosis menjadi meningkat.

Menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang bergizi adalah salah satu pencegahan terbaik untuk penyakit ini.

Demikian mengenai Kebiasan Buruk yang Bisa Sebabkan Tuberkulosis, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Kebiasan Buruk yang Bisa Sebabkan Tuberkulosis"

Posting Komentar