Penyebab Kepala Sakit saat Haid Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kepala Sakit saat Haid Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kepala Sakit saat Haid Dan Cara Mengatasinya - Setiap bulannya, normalnya wanita mengalami haid. Dan saat sebelum datangnya haid atau saat sedang haid, ada beberapa gejala yang akan timbul pada wanita, dan salah satunya adalah sakit kepala yang sering terjadi saat haid.

Sakit kepala saat haid hampir di derita oleh 60 persen wanita yang memiliki riwayat migran dan biasanya dirasakan sekitar dua hari menjelang menstruasi hingga tiga hari setelah haid berakhir.

Sakit kepala pada memang memilliki banyak faktor. Namu sakit, kepala yang terjadi saat haid umumnya disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh wanita. Hormon progesteron dan estrogen yang berperan dalam kehamilan dan masa masa menstruasi juga dapat berdampak pada senyawa kimia yang menyebabkan sakit kepala dalam otak. Tepat sebelum haid, kadar homron estrogen dan progesteron dalam tubuh akan mengalami penurunan, sehingga menyebabkan gejala seperti sakit kepala.

Agar sakit kepala saat haid tidak menggangu aktivitas, siapkan langkah pencegahan dan penanganan jelang menstruasi yang bisa Anda coba:

- Berlatih relaksasi untuk meredakan stres

- Letakkan sekantong es batu di dalam handuk lalu letak pada kepala atau leher yang sakit

- Kurangilah mengonsumsi alkohol, kafein, makanan yang mengandung MSG, makanan yang mengandung tyramie tinggi seperti alpukat, pisang, ikan asap, cokelat, serta buah kering, yang bisa mengakibatkan sakit kepala.

- Lakukan terapi akupuntur dapat membantu membuat Anda rileks dan meredakan sakit kepala.

- Hindari diri dari menghirup bahan bahan yang beroramna menyengat kuat, sepeti parfum, polusi, produk pemmbersih, ataupun bahan kimia dari pemanis buatan.

- Kalau bisa usahkan untuk tidak terkena paparan cahaya yang terlalu kuat.

- Triptans yang berperan mengecilkan pembuluh darah dan merdakan rasa sakit juga dapat digunakan. Obat ini dapat membantu meredakan mual dan sakit kepala dalam waktu dua jam setelah dikonsumsi.

- Jika sakit kepala saat haid selalu datang, Anda bisa minum obat-obatan pada satu sampai dua hari sebelum menstruasi mulai hingga selesai. Sakit kepala saat haid bisa diredakan dengan mengonsumsi naproxen, ibuprofen atau asam mefenamat.

- Jika sakit kepala dirasakan beberapa kali dalam satu bulan, dokter biasanya akan memberikan obat lain seperti dihydroegotamine, beta blockers, antidepresan, anticonvulsants, ataupun calcium channel blockers.

- Suplemen magesium juga dapat dikonsumsi untuk mengurangi sakit kepala. Tetapi, konsumsi obat ini perlu berkonsultasi dengan dokter lebih dahulu.

- Kurangi tekanan dalam pembuluh darah dengan mengurangi konsumsi garam menjelang masa mentsruasi. Selain itu, untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah, dokter bisa jadi akan memberikan pil diluretik.

- Jika sakit kepala yang dirasakan terjadi akibat migrain dengan aura, maka hindari konsumsi pil KB untuk mencegah risiko stroke. Naum jika tidak, Anda bisa menggunakan pil KB untuk membantu meredakan sakit kepala saat haid.  Kontrasepsi homonal bekerja dengan meminimalkan kadar estrogen yang berhubungan dengan siklus menstruasi. DOsis hormon dan berbagai jenisnya dapat digunakan untuk menemukan paduan yang tepat. Namun, obat ini tidak sesuai untuk wanita yang merokok, berusia di atas 35, kelebihan berat badan, ataupun yang mengindap diabetes dan tekanan darah tinggi serta kolestrol tinggi.

- Lakukanlah olahraga secara rutin untuk mengurangi sakit kepala. Sebelum berolahraga, konsumsi cukup air mineral dan makanan tinggi protein, serta jangan lupa melakukan pemanasan.

- Lupron atau leuprolide acetate dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar estrogen. Namun harus diwaspadai, karena obat ini dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon sebagai efek sampingnya.

- Catat kapan saja kepala saat haid mulai terasa. Ini dapat membantu dokter untuk menemukan pola dan penanganan.

Sakit kepalla saat haid dapat dirasakan sejaka remaja, dalam masa produktif, hingga menjelang menopause. Namun, adakanya sakit kepala saat disebabkan kondisi lain lebih serius. Untuk memastikannya, dokter dapat melakukan diagnosis dengan tes seperti CT scan, tes darah, dan pemindai MRI.

Demikian mengenai Penyebab Kepala Sakit saat Haid Dan Cara Mengatasinya, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Penyebab Kepala Sakit saat Haid Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar