Cara Membersihkan Telinga yang Sehat dan Benar

Cara Membersihkan Telinga yang Sehat dan Benar
Cara Membersihkan Telinga yang Sehat dan Benar - Apa Anda sering membersihkan telinga? Seberapa seringkah Anda membersihkan telinga. Pada dasarnya telinga kita tak perlu di bersihkan, karena telinga sudah mempunyai mekanismenya sendiri untuk membersihkan kotoran yang masuk.

Banyak benda tak bersih yang masuk ke telinga untuk alasan membersihkan telinga. Padahal memasukkan barang asing yang kebersihannya tak terjamin bisa membuat telinga menjadi infeksi, dan pada akhirnya akan membuat kita menjadi rugi.

Banyak orang yang salah kaprah mengenai cairan lengket yang agak berwarna kuning tersebut. Cairan yang bernama earwax bukanlah kotoran telinga seperti yang kebanyakan orang pikirkan.

Earwax mempunyai peranan yang sangat penting, earwax memiliki fungsi untuk mencegah infeksi, melembapkan saluran telinga, sehingga melindungi gendang telinga. Struktur yang lengket adalah sebagai fungsi untuk melindungi gendang telinga dari benda-benda asing yang masuk ke telinga, seperti polutan, serangga, kotoran, yang masuk kedalam telinga bisa terperangkap sehingga mengganu kerja telinga.

Telinga akan osecara otomatis membersihkan kotoran saat kita berbicara, mengunyah atau menggerakkan rahang. Earwax akan bergerak keluar telinga dan akan biasanya akan mengering dengan sendiri, lalu akan keluar dengan sendiri.

Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Membersihkan Telinga

Menggunakan Cotton Bud
Banyak orang membersihkan telinga mereka dengan menggunakan cooton bud, pengorek telinga, bahkan sampai lidi pun digunakan untuk membersihkan telinga. Namun cara ini dinilai sangat berbahay untuk telinga, karena dengan memasukan cotton bud akan mendorong bagian dalam telinga.

Hal ini justru akan membuat earwax akan terjebak dala telinga dan tidak bisa keluar dengan sendirinya. Earwax yang terjebak akan menyebabkan telinga dalam menngalami infeksi, karena kotoran yang terjebak dan menempel di earwax tidak bisa keluar.

Mengorek telinga juga berpotensi membuat telinga menjadi luka, dan dalam kasus yang lebih para lagi bisa membuat gendang telinga menjadi rusak hingga menyebabkan rasa sakit, bahka bisa mengelurakan darah, dan yang lebih parah lagi bisa kehilangan kemampuan untuk mendengar sementara.

Menggunakan Ear Candle
Prinsip dari penggunaan ear candle adalah menggunakan lili untuk mengangkat earwax dan kotoran yang terdapat di telinga. Terapis akan memasukan ujunng lilin ke dalam telinga Anda dan menyalakan api di ujung lainnya. Dengan menyalakan api, ini dapat dipercaya bisa 'menyedot' kotoran yang terdapat di telinga Anda.

Namun penggunaan ear candle ini menimbulkan kecemasan pada para ahli pendengaran. Pasalnya tidak sedikit kasus kerusakan telinga yang disebabkan oleh ear candle. Misalnya lelehan lilih yang malah masuk ke saluran telinga bahkan menempel di gendang telinga atau bagian telinga lainnya mengalami luka bakar.

Lalu Bagaimana Membersihkan Telinga dengan benar?

Seperti yang sudah dijelaskan pada awal pembukaan artikel ini, telinga mempunyai mekanisme sendiri untuk membersihkan telinga, sehingga tak perlu repot untuk membersihkan telinga kita. Tetapi jika ada sesuatu  yang hal yang terjadi seperti halnya penumpukan earwax, maka Anda bisa melakukan hal seperti di bawah ini:

Menggunakan Tetes Telinga
Tetes telinga dapat membantu Anda unuk melunakkan earwax sehingga earwax bisa keluar dengan mudah. Beberapa jenis tetes telinga di antaranya hidrogen peroksida atau sodium bikarbonat. Obat tetes telinga bisa ditemukan di apotek terdekat.

Tetap, jenis tetes telinga akan menjadi kering. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin memutuskan untuk menggunakan tetes telinga, karena penggunannya dapat bereaksi negatif terhadap mereka yang memiliki kulit sensitif atau memiliki kelainan pada telinga.

Lembapkan Bagian dalam Telinga Anda
Penumpukan earwax bisa terjadi kalau telinga terlalu kering. Jika ini adalah salah satu masalah Anda, maka Anda bisa menggunakan olive oil atau baby oil untuk melembabkan telinga. Anda bisa meneteskan beberapa tetes minyak ke telinga yang bermasalah dan tunggu beberapa menit. Penggunaan olive oil jarang menimbulkan iritasi atau alergi, tapi penggunaan olive oil membutuhkan waktu lama untuk melunakkan earwax yang megkeras. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Anda harus mencobanya secara rutin.

Ada sebagian orang yang secara alami memproduksi earwax secaara berlebih, Anda dapat pergi kedokter untuk membersihkan secara rutin telinga Anda. Atau jika telinga Anda bermasalah karena barang-barang masuk ke telinga dan membuat telinga bagian dalam terasa sakit, maka segera pergi ko dokter untuk di periksa.

Demikian mengenai Cara Membersihkan Telinga yang Sehat dan Benar, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Membersihkan Telinga yang Sehat dan Benar"

Posting Komentar