5 Hal yang Bisa Cegah Penyakit Ginjal

5 Hal yang Bisa Cegah Penyakit Ginjal
5 Hal yang Bisa Cegah Penyakit Ginjal - Ginjal adalah salah satu organ penting yang pada tubuh kita, fungsi ginjal sangat banyak. Organ ginjal berfungsi dalam mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, keseimbangan tekanan darah, membuang racun dalam tubuh, dan masih banyak lagi.

Jika ginjal Anda terganggu, maka kesehatan tubuh juga akan berpengaruh dan menjadi buruk. Menjaga ginjal tetap sehat adalah hal yang penting untuk dilakukan. Agar ginjal  Anda tetap sehat, maka Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Konsumsi Makanan Sehat untuk Ginjal

Mengonsumsi makanan sehat bisa membuat ginjal Anda tetap sehat, gizi yang seimbang dapat membantu kadar gula darah, tekanan darah, dan kolestrol darah, sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit ginjal. Beberap hal yang perlu Anda lakukan adalah:


  • Banyak Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan
    Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak 5 porsi per hari. Dengan begit Anda bisa memenuhi nutrisi penting yang Anda butuhkan unttuk kesehatan Anda, terutama vitamin, mineral, dan serat.
  • Batasi Konsumsi Garam dan Makanan yang mengandung Garam
    Sebisa mungkin batasi konsumsi garam, dan ingat beberapa makanan mengandung garam seperti makanan kemasan, makanan kaleng, makanan yang diawetkan, fast food, dan masih banyak lagi. Anda harus bisa membiasakan diri untuk memasak makanan sendiri di rumah, agar Anda bisa mengontrol konsumsi garam sehari-hari.
  • Batasi Konsumsi Lemak Jenuh dan Lemak Trans
    Kedua jenis lemak tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, sebaikya Anda mengurangi mengonsumsi makanan yang teralu banyak mengandung lemak jenuh dan trans, seperti daging berlemak, makanan kemasan (lihat informasi nilai gizi dalam kemasan), makanan yang digoreng (terutama makanan yang sudah digoreng dengan minyak sudah di pakai berulang kali), fast food, dll.
2. Kontrol Gula Darah, tensi, dan Kolestrol Anda

Beberapa penyakit faktor risiko utama dari penyakit ginjal. Jika Anda memiliki penyakit seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, Anda bisa lebih besar berisiko terkena penyakit ginjal. Untuk mengurangi risiko penyakit ginjal, maka yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kadar gula darah, tensi, dan kolestrol Anda.

Gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah yang megarah ke ginjal dan juga merusak bagian ginjal yang menyaring darah. Sedangkan tekanan darah tinggi dan kolestrol dapat memberikan tekanan ginjal bisa lebih keras dan nutrisi penting yang harusnya di saring oleh ginjal malah bocor keluar dan ada di urin Anda.

3. Berhenti Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok dan minuman beralkohol adalah dua kebiasaan buruk yang sebaiknya ditinggalkan, karena bisa menggangu kesehatan tubuh. Selain berisiko meningkatkan penyakit jantung, kedua kebiasaan buruk ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal. Untuk itu, maka sebaiknya Anda berhenti melakukan kebiasaan buruk ini.

4. Lakukan Olahraga Teratur

Sudah tidak diragukan lagi, kalau berolahraga secara rutin bisa mencegah banyak penyakit datang. Olahraga juga bisa membantu Anda dalam mengontrol tekanan darah, kadar gula darah, dan kadar kolestrol. Olahraga juga baik untuk dapat mengontrol pembuluh darah Anda, sehingga kesehatan ginjal bisa terjaga.

Anda disarankan untuk berolahraga secara rutin , berolahraga sekitar 30 menit per harinya. Mulailah dengan olahraga ringan, seperti jalan cepat, berlari, bersepeda, dan lainnya.

5. Awasi Penggunaan Obat Anda

Pengunaan obat secara berlebih bisa berakibat buruk pada diri Anda terutama ginjal Anda. Hal ini karena ginjal Anda berperan dalam pembuangan sisa-sisa obat dari tubuh. Untuk itu, sebaiknya minulah obat sesuai ddenagn rekomendasi atau petunjuk dokter Anda.

Jangan sembarang minum obat, terutama obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin dan ibuprofen. Penyakit ginjal dapat disebabkan oleh terlalu banyak atau terlalu lama minum obat-obatan tersebut yang direkomendasikan.

Demikian mengenai 5 Hal yang Bisa Cegah Penyakit Ginjal, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Hal yang Bisa Cegah Penyakit Ginjal"

Posting Komentar