Benarkah Pakai Makeup Saat Olahraga Bisa Bikin Jerawatan?

Benarkah Pakai Makeup Saat Olahraga Bisa Bikin Jerawatan?
Benarkah Pakai Makeup Saat Olahraga Bisa Bikin Jerawatan? - Bagi wanita mau apapun kegiatannya, makeup tidak boleh ketinggalan. Ada sebagian orang selalu memake make up apapun kondisinya, walaupun saat ingin berolaharaga. Mungkin Anda sering diselimuti dilema. Satu sisi ingin tampil cantik, satu sisi lagi khawatir karena kombinasi makeup dan keringat mungkin akan membuat kulit jadi berjerawat.

Tapi apakah hal tesebut benar atau tidak? Apakah benar memake make up saat sedang berolahraga bisa menyebabkan jerawat?

Seseorang demotolog asal Amerika, New York bernama Whitney Bowe, menyarankan lebih baik tidak menggunakan makepu saat berolahraga. Karena saat Anda memakai makeup saat berolahraga, maka pori-pori kulit akan tertutup oleh makeup.

Ketika pori-pori Anda tertutup makeup, kemudia pori-pori Anda tertutup, sementara pori-pori befungsi sebagai jalur keluar keringat yang akan diproduksi saat Anda sedang melakukan aktivitas olahraga. Hailnya, kelenjar, kotoranm, dan keringat yang ada tidak bisa keluar karena pori-pori terhalang oleh makeup, dan ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat, timbulnya komedo, dan bahkan iritasi pada kulit.

Dan jika Anda tetap ingin menggunakan make up saat berolahraga, maka harus di perhatikan beberapa hal. Seperti jangan menggunakan maskara dan makeup yang terlalu tebal saat berolahraga. Pada kenyataannya berolahraga yang baik adalah tidak menggunakan makeup sama sekali. Tapi jika Anda menjadi tidak nyaman karena tidak memakai makeup, Anda boleh menggunakan makeup tipis dan tidak berlebihan.

Jeannette Graf, asisten profesor dermatologi di mount sinai Medical School, menyarankan hal penting pada wanita. Ketika Anda tidak percaya diri olahraga tanpa menggunakan make up, Anda bisa memilih tmakeup tekstur trtentu. Contohnya, gunakan pelembab yang berbahan dasar air untuk mengurangi penyumbatan keringat pada pori-pori wajah. Anda juga menggunakan bedak berbentuk bubuk atau BB cream, mengingat bahan-bahannya tidak terlalu berat untuk wajah.

Beberapa faktor lain yang harus dipertimbangkan ketika pakai makeup saat berolahraga, adalah upaya untuk melindungi kulit secara efektif. Maksudnya adalah, Anda bisa menggunakan makeup pada bagian tertentu pada wajah.

Saat berolahraga, hindari menggunakan riasan pada mata. Karena riasan pada kulit bagian mata cenderung berbahan minyak dan berat kandugan bahannya. Dikhawatirkan, padaa mata akan timbul bintik putih kecil yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat.

Lalu, sebenarnya apa sih fungsi keringat tersebut? Fungsi keringat adalah utuk mengeluarkan untuk mengeluarkan sisa metabolsime tubuh, sertamendinginkan tubuh Anda dari suhu panas saat berolahraga.

Terkadang Anda tanpa sadar mengelap keringat dengan baju yang Anda gunakan, hal tersebut sangat wajar dilakukan. Dan hal tersebut tidak akan memperparah jerawat di wajah Anda, justru yang perlu dihindari adalah menyetuh denga tangan, karena bisa menyebabka jerawat menjadi parah.

Yang perlu diperhatikan juga, Anda harus bawa handuk kecil untuk menyeka keringat. Kemudian, gunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide untuk bmembersihkan wajah sehabis berolahraga.

Demikian mengenai Benarkah Pakai Makeup Saat Olahraga Bisa Bikin Jerawatan?, semoga postingan kali bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Benarkah Pakai Makeup Saat Olahraga Bisa Bikin Jerawatan?"

Posting Komentar