Benarkah Mandi Air Panas Bisa Bantu Bakar Kalori?

Benarkah Mandi Air Panas Bisa Bantu Bakar Kalori?
Benarkah Mandi Air Panas Bisa Bantu Bakar Kalori? - Mandi memang kebiasaan yang sudah biasa di lakukan. Mandi bertujuan untuk membersiihkan tubuh dari bakteri, kuman dan debu-debu yang menempel pada tubuh setelah beraktivitas sepanjangan hari. Mandi juga bisa membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan bersih.

Tapi, ada beberapa orang yang sering mandi pakai air panas. Dan banyak orang percaya kalau mandi dengan air panas bisa membakar kalori lebih banyak. Jumlah kalori yang terbakarpun di percaya setara dengan berolahraga. Benarkah hal tersebut?

Studi yang dilakukan, dan telah di publikasikan dalam jurnal Temperature oleh Steve Faulkner, PhD dari Loughborought University menyebutkan ada kaitannya antara mandi air panas dengan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh.

Dalam studi tersebut, Faulkner melakukan penelitian pada 14 orang, yang di antaranya memiliki kelebihan berat badan. Ditemukan bahwa mandi air panas selama satu jam dapat membantu membakar kalori hingga 140 kalori.

Namun demikian, pakar kesehatan wanita Jennifer Wider, MD menjelaskan hasil studi tersebut bukan berarti Anda bisa menggantikan aktivitas berolahraga hanya dengan mandi air panas untuk membantu membakar kalori.

Meski studi tersebut menyebutkan demikian, tetap saja proses pembakaran kalori dari olahraga tak bisa serta merta digantikan hanya dengan mandi air panas. Jumlah kalori yang dibakar juga bervariasi pada setiap orang, bergantung pada beberaa faktor, termasuk berat badan dan komposisi tubuh.

Meski diyakini proses pemanasan pasif atau passive heating yang terjadi memicu respons inflamasi yang sama seperti saat olahraga, namun Wider menegaskan bahwa penelitian lebih lanjut sangat diperlukan karena studi sebelumnya masih dalam lingkup yang kecil.

Dibandingkan dengan mandi dengan air panasm proses pembakaran kalori lebih tepat dan lebih baik dari latihan fisik berupa olahraga. Manfaat dari aktivitas fisik terhadap pembakaran kalori sudah jelas terbukti.

Meski passive heating kini semakin populer, Wider beranggapan tidak ada yang bisa menggantikan olahraga dan aktibitas fisik teratur dalam manfaat untuk pembakaran kalori. Maka dari itu, jika Anda ingin membakar kalori lebih banyak dan ingin menurunkan berat badan, olaharga rutin pun lebih dianjurkan dibandingkan hanyan mengandalkan mandi air panas.

Demikian mengenai Benarkah Mandi Air Panas Bisa Bantu Bakar Kalori?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Benarkah Mandi Air Panas Bisa Bantu Bakar Kalori?"

Posting Komentar