Mengapa Anak Perlu Tidur Siang?

Mengapa Anak Perlu Tidur Siang?
Mengapa Anak Perlu Tidur Siang? - Jika Anda adalah orangtua yang memiliki anak yang masih kecil, pastinya Anda akan menyuruh anak untuk tidur siang. Kebanyakan orang tua melakukan itu adalah agar tubuh si anak bisa beristirahat sejenak, sehingga kesehatan tetap terjaga.

Walaupun terkadang orangtua kesulitan untuk menyuruh anak tidur siang, karena pada siang hari anak akan lebih aktif untuk bermain. Namun tahukan Anda, kalau ternyata ada alasan lain, kenapa anak wajib tidur siang lho.

Nah, berikut adalah mengapa alasan anak perlu tidur siang:

1. Memulihkan Energi

Menurut para ahli dari Children's Health Center of Mercy Family Care, tidur siang diperlukan bagi anak untuk memilihkan energi tubuhnya. Energi ini bermanfaat bagi bayi dan anak untuk tumbuh, berkembang, bermain, dan belajar.

Semakin kecil usia anak, maka semaki besar porsi yang dibutuhkan untuk tidur. Begitu juga sebaliknya, semakin bertambah usia seseorang maka waktu tidur siang akan semakin berkurang.

2. Membantu Proses Belajar

Menurut pennelitian yang diakukan dari University Massacusetts di Amerika Serikat, tidur siang sangat diperlukan oleh anak agar dapat meningkatkan kecerdasan otak, kemampuan belajar, dan pembentukan memori.

Sedangkan, anak-anak yang jarang atau tidak tidur siang memiliki kemampuan kognitif dan memori yang lebih rendah ketimbang mereka yang rutin tidur siang setiap harinya. Untuk mendapatkan manfaat dari tidur siang tersebut, tak hanya durasi saja yang berpengaruh , tetapi kualitas tidur juga mempengaruhi.

Orang tua harus tahu tanda-tanda anak yang sudah mengantuk, agar anak bisa lebih optimal dalam tidur siangnya. Kenali tanda-tanda anak saat sudah ngantuk adalah anak mulai menguap, mengusap mata, atau menjadi rewewl dan gelisah.

Jika Anda menemukan tanda-tanda diatas, maka sebaiknya segera bawa anak ketempat tidur dan segera untuk menidurkan anak. Bila terlambat, maka biasanya anak akan menjadi rewel, mengamuk, atau tidak lagi berkeinginan untuk tidur.

Untuk menjaga siklus tidur siang anak tetap terjaga, maka ada baiknya menidurkan anak pada tempat yang sama. Dengan demikian, anak akan terbiasa dengan lingkungan yang menggharuskannya untuk tidur siang, meskipun ia sedang ingin bermain.

Demikian mengenai Mengapa Anak Perlu Tidur Siang?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Mengapa Anak Perlu Tidur Siang?"

Posting Komentar