Pertolongan Pertama Saat Terkena Air Keras

Pertolongan Pertama Saat Terkena Air Keras
Pertolongan Pertama Saat Terkena Air Keras - Kasus yang menimpa penyidik KPK Novel Baswedan sedang ramai dibacara oleh banyak orang. Pasalnya kejahat penyidik KPK ini diserang oleh orang tak di kenal dengan menggunakan air keras untuk menyerang korban. Dan keras yang disiramkan pelaku tepat megenai wajah penyidik KPK tersebut.

Pada kasus sebelum-sebelumnya juga pernah ada kasus penyiraman air keras pada beberapa orang. Air keras mempunyai efek yang bisa membuat kulit menjadi melempuh dan merusak organ lainnya. Karena itu, penting untuk mengetahui pertolongan pertamanya dengan baik dan benar.

Pada prinsipnya, metode yang digunakan untuk menolong orang yang terkena air keras adalah sama dengana penanganan luka bakar. Berikut adalah Pertolongan Pertama Saat Terkena Air Keras :


  1. Tutupi Wajah
    Wajah adalah target utama yang paling sering diserang. Alasnya karena kulit di bagian wajah bisa menimbulkan kerusakan yang amat sangat parah pada korban. Karena itu, sebiasa mungkin untuk menutup wajah dengan tangan atau benda lain untuk menimalkan paparan air keras.
  2. Bilas dengan Air Sebanyak Mungkin
    Cara untuk menimilakan luka akibat terkena air keras adalah membilas dengan air sebanyak-banyaknya. Karena air keras akan terus merusak jaringan tubuh. Dan jangan terburu-buru untuk membawa kerumah sakit.

    Jika pertolongan pertama ini diabaikan, maka hal buruk akan terjadi pada korban. Apalagi jika terkena  air keras adalah sekitar bagian mata, bisa-bisa korban akan mengalami kebutaan permanen. Jika sulit menemukan sumber air, maka sebisa mungkin menggunakan air mineral botol.

    Dan yang perlu dipastkan adalah penggunaan air saat membilas, usahakan gunakan air yang bersuhu normal, serta dalam jumlah yang banyak. Lakukan sekitar 30 menit sehingga sensasi terbakar terus berkurang.
  3. Hindari mengoles krim, minyak, atau obat apapun ke daerah yang terkena air keras
    Penggunan krim, minyak atau obat lainnya yang dipercaya untuk mengatasi efek luka bakar sebaiknya dihindari untuk dilakukan. Hal ini akan memengaruhi penanganan yang akan diberikan oleh dokter nantinya.
  4. Lepas Perhisaan, Baju, atau benda apa pun yang menempel pada tubuh yang terkena air keras
    Lepaskan segala benda yang terkena air keras. Misalnya, jika Anda memakai baju yang terkena air keras, segera lepaskan baju tersebut. Hal ini juga memudahkan proses pembilasan dengan air
  5. Hindari Kontak pada daerah yang terkena air keras
    HIndari menutup luka bakar dengan benda apa pun, apalagi yang tidak steril. Kasa steril memang dapat digunakan untuk membungkus luka bakar, tapi tidak boleh terlalu kuat.

    Hal ini bertujuan untuk mencegah kontaminasi, misalnya selama perjalannya menuju rumah sakit. Namun, jika tidak ada, biarkan saja tanpa ditutup dan segerlah kerumah sakit.
Setelah melakukan langkah di atas, cepatlah bawa pergi ke rumah sakit untuk peertolongangan lebih lanjut. Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah tetap tenang saat terkena air keras. Asalkan melakukan pertolongan pertama yang tepat, maka dampak yang buruk bisa dihindari.

Demikian mengenai Pertolongan Pertama Saat Terkena Air Keras, semoga positngan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Pertolongan Pertama Saat Terkena Air Keras"

Posting Komentar