5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kualitas Sperma

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kualitas Sperma
5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kualitas Sperma - Sperma adalah modal utama pria untuk mendapatkan keturunan. Oleh karena itu, maka kesehatan sperma harus tetap di jaga agar bisa cepat mendapatkan keturunan. Tapi siapa sangka kalau ada kebiasaan yang sebenarnya bisa merusak kualitas sperma dan akhirnya bisa menyebabkan gangguan kesuburan.

Mau tahu apa saja kebiasaan yang secara tak sadar bisa merusak kualitas sperma? Berikut adalah 5 kebiasaan yang bisa membuat sperma rusak:

1. Mengonsumsi Alkohol

Pada dasarnya mengonsumsi alkohol memang buruk untuk kesehatan, tak hanya organ tubuh yang terkena dampak negatif, sperma juga terkena dampak negatifnya. Sebab alkohol memiliki pengaruh pada hormon pria, sehingga proses pembentukan dan pematangan sperma menjadi terganggu. Dalam waktu lama, kondisi ini akan berujung pada impoten (disfungsi ereksi), hingga gangguan kesuburan.

2. Memangku Laptop

Banyak orang saat pergi kemana-mana membawa laptop, dan tidak menemukan meja untuk menaruh laptop yang akhirnya memangku laptop. Memangku laptop dapat meningkatkan suhu area kemaluan hingga 2,8oC. Sementara peningkatan 1oC saja bisa menekan pembentukan sperma. Jadi, terlalu sering memangku laptop bisa menyebabkan kerusakan atau gagal terbentuknya sperma.

3. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan buruk ini tak hanya berdampak buruk pada organ lain, tapi juga berdampak buruk pada sperma juga. Rokok mengandung 4000 zat kimia yang berdampak buruk agi sperma dan tubuh secara menyeluruh. European Association of Urology menyebutkan, kebiasaan merokok berhubungan dengan rendahnya jumlah, kemampuan gerak, dan bentuk sperma, hingga menganggua kesuburan. Umumnya kondisi ini terjadi pada perokok tingkat sedang dana berat.

4. Kelebihan Berat Badan

Pria dengan indek massa tubuh (IMT) tinggi memiliki kadar hormon testosteron yang rendah. Padahal, hormon ini berperan penting dalam pembentukan dan pematangan sperma. Inilah mengapa pria yang obesitas akan memiliki jumlah sperma yang sedikit dan mengalami gangguan kesuburan.

5. Sering Memakai Celana Dalam Ketat

Penilitian yang menunjukkan bahwa pria serng memakai celana dalam ketat memiliki kualitas sperma yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Ini karena penggunaan celana tersebut bisa meningkatkan suhu area kemaluan dan memicu lingkungan yang tidak ideal untuk pebembutkan sperma.

Demikian mengenai 5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kualitas Sperma, semoga postingan kali ini bisa bermnafaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kualitas Sperma"

Posting Komentar