Ikhlas, Kunci Agar Degup Jantung Terjaga Meski Dihadapi Situasi Sulit

Ikhlas, Kunci Agar Degup Jantung Terjaga Meski Dihadapi Situasi Sulit - Ikhlas, adalah kata yang mudah diucapkan setiap orang, tak semua orang bisa benar-benar ikhlas. Degup jantung tak berirama atau dalam bahasa medis disebut fiblirasi atrium (FA) meski terjadi hanya sekilas dan menimbulkan gejala ringan seperti pusing dan sesak namun berisiko untuk menimbulkan komplikasi. Mulai dari stroke, serangan jantung, dan gagal jantung semua bisa dikaitkan oleh kondisi ini.

Faktor yang menyebabkan FA disebut oleh dr Yoga Yuniadi, SpJP(K), dari RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita ada berbagai macam mulai dari hipertensi, diabetes, obesitas, hingga yang lebih umum lagi stres berat. Bagaimana stres bisa berkontribusi disebut dr Yoga karena saat seseorang mengalaminya sistem aliran listrik yang memicu otot jantung di tubuh akan terganggu.
Ikhlas, Kunci Agar Degup Jantung Terjaga Meski Dihadapi Situasi Sulit

"Jadi pada dasarnya meskipun sumber listrik (jantung -red) yang normal hanya di SA node tetapi seluruh sel jantung sebetulnya mampu mengeluarkan listrik. Ketika terjadi perangsangan yang berlebihan misal karena stres berat sel itu akan mengeluarkan listrik dan terjadilah fiblirasi atrium," kata dr Yoga.

Stres dalam kehidupan sehari-hari tentu sulit dihindari, lalu apa yang kira-kira bisa kira lakukan untuk meminimalisir efeknya? Ketua 1 Persatuan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dr H. Salim Haris, SpS(K), mengatakan satu kuncinya bisa dengan cara menghadapi situasi dengan tenang dan lapang dada.

"Jadi kondisi apapun yang datang kalau orang sensitif itu otaknya akan lebih dominan mengeluarkan glutamat daripada GABA. GABA itu untuk orang yang enjoy akan keluar banyak tapi kalau glutamat itu orang yang sensitif. glutamat merusak, dia itu eksitatori (pemicu kejang -red) meningkatkan timbulnya gerakan kalsium masuk ke dalam sel," kata dr Salim.


"Jadi kalau orang yang benar-benar mau menikmati hidup: enggak stres, sensitif, jangan terlalu banyak berharap, jangan mudah tersinggung, banyakin senyum, itu udah insya Allah nggak ada apa-apa," tutupnya.
sumber : detikcom

Demikian mengenai Ikhlas, Kunci Agar Degup Jantung Terjaga Meski Dihadapi Situasi Sulit, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Ikhlas, Kunci Agar Degup Jantung Terjaga Meski Dihadapi Situasi Sulit"

Posting Komentar