Tips Agar Tidak Makan Berlebihan

Tips Agar Tidak Makan Berlebihan - Obesitas adalah gejala dimana berat badan seseorang melebihi batas normal. Banyak orang memliki badan yang berlebih karena pola makan yang tidak teratur dan banyakannya makanan yang dimasukan kemulut. Saat makan biasanya hanya mengandung karbohidarat saja, tak ada variasi seperti sayuran dan yang lainnya.

Beberapa hari ini indonesia digemparkan dengan bocah yang mempunyai berat badan 190kg berrasalal dari karawang, yang tentunya berat badan tersebut sudah melampaui batas berat badan normal. Penyebab bocah dengan berat badan super tersebut masih di teliti oleh dokter setempat. Apakah disebabkan Gen, hormon ataupun pola makan dan pola hidup yang tidak baik.

Makan berlebih ditengarai akibat kurangnya keinginan untuk berhenti dari melakukan makan. Namun beberapa peneliti mengatakan kalau kebiasan buruk ini disebeban oleh hal yang lebih komplek yang melibatkan aktifitas otak.

Terus bagaimana cara mengatasi nafsu makan yang berlebihan? Berikut adalah Tips Agar Tidak Makan Berlebihan, cekidot :

1. Makan Pagi
Tips Agar Tidak Makan Berlebihan

Melewatkan makan pagi atau sarapan sangat tidak dianjurkan dilakukan. Hasil penelitian menunjukan orang yang tidak makan pagi cenderung makan lebih banyak pada siang hari. Sementara itu beberapa penelitian mengatakan kalau makan pagi dengan telur bisa menahan keinginan makan berlebihan pada siang hari. Jadi jangan lupa makan pagi ya.

2. Makan dengan Pelan-Pelan
Tips Agar Tidak Makan Berlebihan

Jangan makan dengan terburu-buru, selain tidak baik untuk pencernaan juga salah satu faktor sering cepat lapar. Lebih baik makanlah dengan pelan-pelan, dan kunyahlah makanan sampai halus, usahakan mengunyak makanan antara 30-33 kunyahan agar makanan bisa dicerna dengan baik oleh organ pencernaan. Dan cara ini juga bisa membuat kita menjadi lama kenyangnya.

3. Gunakan Piring yang Lebih Kecil
Tips Agar Tidak Makan Berlebihan

Menurut peneliti makanan Brian Wansink, semakin besar piring yang digunakan untuk makan maka akan semakin banyak juga makanan yang akan diambil. Ukuran standar piring yang sering digunakan adalah sekitar 12 inchi, usahakan gantilah dengan ukuran piring yang lebih kecil sekitar 9 inchi dan makan kita akan lebih sedikit.

4. Berikan Perhatian pada Emosi
Tips Agar Tidak Makan Berlebihan

Kita haru memberikan perhatikan pada alasan ketik menginginkan makanan cepat saji utuk mengerti mengapa kita makan berlebih. Contohnya mungkin kita makan dengan kompulsif untuk merasa lebih baik atau melawan stress. Kenalilah penyebab kenapa kita ingin mkan terus, jika kalian sudah tahu penyebabnya, dan tentukan strateginya untuk mengurangi makan berlebihan.

5. Berolah Raga
Tips Agar Tidak Makan Berlebihan

Dari beberapa hasil penelitain menunjukan bahwa respon kitas setlah berolahraga cenderung berkurang pada makanan. Dengan kata lain saat ada makanan yang enak didepan kita, kemungkinan kita akan mengabaikan. Sudah banyak bukti kalau olahraga adalah salah satu cara untuk mengubbah hidup anda.

6. Pilihlah Makanan Padat Nutrisi
Tips Agar Tidak Makan Berlebihan

Padat nutrisi memiliki arti sejumlah nutrisi yang dikemas dalam sebuah makanan khusus. Contohnya, kita makan sepiring brokoli  untuk mendapatkan kalori yang sama dengan satu cangkir kecil eskrim, karena sayuran secara umum lebih pada nutrisi ari pada eskrim.

Dan usahkan hindari makanan-makanan yang manis-manis, seperti keju, soda yang jelas-jelas memiliki kadar gula yang berlebihan dan tak ada nutrisinya untuk tubuh kita. Pilihlah makanan yang bai untuk tubuh anda seperti sayuran, buah-buahan, ikan, minyak sehat dan kacang-kacangan.

7. Membawa Cemilan
Tips Agar Tidak Makan Berlebihan

Seringnya kita setelah makan besar pastinya ingin makan cemilan yang tidak sehat untuk tubuh kita. Ini ternyata bisa dihindari dengan makan cemilian yang sehat seperti kacang almond yang dapat membantu untuk kita tidak mencari makanan lainnya.

8. Menyempatkan Makan 'Enak' Seminggu sekali
Tips Agar Tidak Makan Berlebihan

Makan burger, pizza dan makanan cepat saji lainnya memang tidak dilarang, selama itu masih batas normal dan tidak berlebihan. Nah, biasanya karena kita jarang makan-makanan cepat saji, dan sekalinya makan kita akan ketagihan terus dan kita ingin makan makanan tersebut setiap hari. Usahakanlah untuk makan enak setiap seminggu atau dua mingggu sekali untuk memuaskan nafsu anda terhadap makan yang anda anggap enak itu.

9. Membuat Rencana untu Saat Terburuk
Tips Agar Tidak Makan Berlebihan

Ada kalanya saat kita mengahdapi masalah yang sulit dan menngurasi emosi kita, kerap kali kita akan makan makanan yang ada, entah itu sehat atau tidak. Dan biasanya sering lmakan makanan tidak sehat seperti keripik atau lainnya.

Buatlah catatan atau tulisan di dinding atau dimana yang mudah kalian lihat dan tulis "Jika terjadi hal buruk, saya lebih suka makan buah dari pada keripik" Cara ini cukup efektif untuk mencegah makanan berlebihan saat sedang terjadi hal yang tidak diinginkan.

10. Menggunakan Sumpit
Tips Agar Tidak Makan Berlebihan

Cara yang terakhir adalah makan dengan menggunakan sumpit, mungkin ini terbilang aneh, karena orang indonesia teribiasa makan dengan sendok. Tak seperti di jepang yang makan nasi dengan sumpit karena nasinnya dibuat sedikit lengket agar memudahkan untuk mengambil nasi. Saat kita menggunakan sumpit fokus kita terlaih untuk menggunakan sumpit yang membuat kita akan mengontrol keingian makan kita yang berlebihan.

Bagaimana? Memang sulit untuk mengubah kebiasan, tapi jika kita mau berusaha pasti bisa kok. Demikian Tips Agar Tidak Makan Berlebihan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tips Agar Tidak Makan Berlebihan"

Posting Komentar