Jangan Lakukan Ini Setelah Makan

Jangan Lakukan Ini Setaelah Makan - Makan adalah kebutuhan primer, tanpa makan tubuh akan teras lemas. Makan memang harus dilakukan makhluk hidup untuk tetap menjaga keberlangsungan kehidupan. Tapi biasanya setalah makan akan terasa lemas untuk melakukan aktiftas lagi, karena sudah knyang dan ngantuk.

Nah, tahukan kamu akalai ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setalah makan, karena mempunyai efek buruk untuk kesahatan tubuhnmu. Nah, berikut adalah ulasan mengenai Jangan Lakukan Ini Setelah Makan, yang dikutip dari klikdokter.com :
Jangan Lakukan Ini Setelah Makan

1. Olahraga

Olahraga memang baik, tapi sebaiknya jangan lakukan olahragu dulu setelahh makan. Jika Anda melakukan olahraga setlah makan, maka organ pencernaan akan kehilangan daya untuk mencerna mamkanan yang baru saj masuk, sehingga bisa menimbulkan efek nyeri perut, mual ataupun muntah.

2. Minum Teh

Nah, ini yang menjadi kebiasan kebanyakan orang. Setelah makan biasanya mereka minum teh atau es teh. Kalau kebiasan ini terus berlanjut maka akan dapat menggangu penyerapan beberapa zat gizi, seperti zat besi. Hal tersebut sangat merugikan kalian tentunya, terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan ibu hamil. Kurang zat besi akan menimbulkan penyakit anemia.

3. Minum Terlalu Banyak

Minum banyak air setelah makan akan menyebabkan asam lambung dan enzin-enzim penceranaan menjadi bekerja tidak mkkasimal, sehingga proses pemecahan makanan menjadi tidak maksimal. Hal tersebut juga bisa menyebabkan perut kembung, mual, muntah, dan nyeri perut.

4. Tidur

Setelah makan kenyang hawa ngantuk pasti menyerang, apalagi kalau makannya kebanyakan pasti bawaanya kepingin tidur. Tidur terutama dalam kondisi terlentang sesudah makan menyebabkan baliknya makanan ke kerongkongan dan menimbulkan rasa terbakar di daerah dada akibat asam lambung yang naik ke atas. olehh karena itu sebaiknya jangan tidur setalah makan, tunggulahh makanan turun dulu sekitar satu jam-an setelah makan, baru lanjutkan tidur.

5. Makan Buah

Biasanya saat kita makan, pasti ada pencucu mulutnya, yup, buah biasanya dimakan setelah makan besar. Buah cepat dicerna setelah makan, sehingga apabila kita langsung mengonsumsi buah setelah makan, maka akan terfermentasi di dalam usus dan menyebabkann timbulnya gas. Hal ini akan membuat perut teras kembung dan tidak enak. Oleh karena itu, konsumsilah buah satu atau dua jam sebelum makan. Kebiasaan ini juga akan menimbulkan efek kenyang, sehingga kita akan makan secara berlebihan.

Demikian mengenai Jangan Lakukan Ini Setelah Makan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian. Dan jangan lupa share artikel ini kalau bermanfaat buat kamu ya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Jangan Lakukan Ini Setelah Makan"

Posting Komentar