5 Penyebab Pingsan Mendadak

5 Penyebab Pingsan Mendadak - Pingsan merupakan kehilangan kesadaran secara mendadak yang diakibatkan oleh rendahnya aliran darah yang menuju ke otak. Kondisi ini bisa dialami siapa saja, dan secara umum kondisi ini tidak berbahaya.

Penelitian memperikan, sekitar 12-39% orang akan mengaalami pingsan paling tidak satu kali seumur hidup. Orang dengan kondisi tertentu akan lebih rentan mengalami kelemahan atau bahkan pingsan.

Nah, berikut adalah 5 Penyebab Pingsan Mendadak yang dilansir dari kompascom :
5 Penyebab Pingsan Mendadak

1. Dehidrasi

Karena pingsan terjadi akibat kekurangan aliran darah ke otak, maka dehidrasi bisa meningkatkan risikonya. Saat dehidarasi, volume darah akan beerkurang sehingga tekanan menjadi rendah  dan ini adalah satu yang menyebabkan pingsan mendadak. Untuk menghindari pingsan secara mendadak, sebaiknya minumlah air secara cukup, dan saat cuaca sangat panas usahakan lebih banyak minum.

2. Berdiri Terlalu Lama

Saat hari senin, pasti setiap sekolah akan melakukan upacara sekolah, dan biasanya upacara ini akan berlangsung sekitar 1-1,5 jam lamanya. faktor ini terjadi karena ada yang belum sarapan, yang dehidarsi ataupun berdiri terlalu lama. Berdiri terlalu lama akan menyebabkan aliran darah berkumpul di bagian kaki yang jauh dari otak. Salah satu cara untuk mencegah pingsan adalah dengan menggerakan jari kaki, melemaskan otot-otot kaki dengan cara mengubah posisi berdiri.

3. Melihat Darah atau Faktor Emosional

Bagi sebagian orang saat mengalami rasa kesal, fobia atau memancing emosi, bisa saja memnyebabkan dia terjtuh pingsan. Dalam hal ini pingsang terjadi ketika sesuatu yang mengeutkan memicu benturan antara sistem simpatetik dan parasimpatik.

Benturan ini melambatkan detak jatung dan menyebabkan pembulu dara melebar, mengurang tekanan darah dan membuat otak kekurangan oksigen, shingga bisa terjadi pingsan.

4. Kelelahan

Melakukan aktivitas fisik terlalu berat, kerja berlebihan, dan bergadang terus menerus juga bisa membuat tubuh menjadi lelah sehingga gampang terjadi pingsan.

5. Ada Gangguan Penyakit

Tak hanya, kelelahan, dehidrasi ataupun emosional. Tapi juga bisa disebabkan kondisi medis tertentu, seperti kejang, gula darah terlalu rendah, tekanan darah rendah, atau gangguan irama jantung.

Ada pula yang mengalami pusing atau bahkan pingsan setiap kali ia bangit dari duduk untuk berdiri. Tekanan yang terkalu rendah dipicu karena beridiri, disebut juga dengan orthostatic hypotension, dan sebaiknya dikonsultasikan ke dokter.

Untuk cara mengatasinya, silahkan klik link Cara mencegah orang yang mau pingsan. Demikian mengenai 5 Penyebab Pingsan Mendadak, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Penyebab Pingsan Mendadak"

Posting Komentar