Risiko Kesehatan yang Dimiliki Orang Berbadan Tinggi

Risiko Kesehatan yang Dimiliki Orang Berbadan Tinggi - Bagi orang Indonesia rata-rata orangnya memiliki tinggi 165-175 cm, dan kalau ada yang tinggi 180-190 cm itu sudah termasuk tinggi banget. Karena memang negara-negara di Asia Tenggara dianugrahi Tuhan dengan tubuh yang tidak terlalu tinggi.

Badan yang tinggi memang anugerah tersendiri. Namun tak semua orang tinggi diasosiasikan dengan pemain basket ataupun jago olahraga lainnya. Ternyata juga mempunyai yang badan tingggi ada ruginya juga, tak selalu diuntungkan juga.

Mulai dari kurang flesksibel, hingga beberapa hal dalam aspek kesehatan  juga lho. Ternyata berhubungan dengan beberapa tinggi seseorang.

Seperti dilansir dari The Huffington Post, seorang ahli bedah ortepedis dari Austin, Texas, bernama Dr. Eeric Truumees, menyatakan ada beberapa hal dari tnggi manusia yang mempengaruhi kesehatan. Dokter yang punya tinggi lebih dari 2 meter, melakukan tiset berdasarkan keresahan yang muncul dari tingg badan sendiri.

Mulai dari prakiraan panjang usia hingga masalah pnggu, Berikut adalah Risiko Kesehatan yang Dimiliki Orang Berbadan Tinggi :
Risiko Kesehatan yang Dimiliki Orang Berbadan Tinggi

1. Panjangnya Umur

Dari prespektif evolusi, oang tinggi akan mempunyai hharapan hidup lebih rendah dari orang yang lebih pendek. Meurut teori  dari mary schooling, seorang profesor di City University of New York School of Public Health and Health Policy, "tumbuh dengan cepat dan lebih tinggi, berarti anda akan memiliki hidup yang lebih tinggi. Hal ini terjadi pada Tikus,"

Meski hal ini masih belum jelas aplikasinya pada manusia, namun beberapa gen punya hubungan antara tinggi badan yang pendek dengan angka harapan hidup yang lebih tinggi. Hal ini membuat orang-orang yang mempunyai badan pendek akan lebih panjang umurnya.

Namun hal ini tak akan berlaku jika berbagi karakteristik dalam angka harapan hidup juga ikut dicakupkan, seperti nutrisi, status sosial ekonmi, dan risiko lingkungan dalam penularan penyakit.

2. Kanker

Hal ini menyebabkan ada hubungan lebih jauh antara punya badan tiggi dengan bertambahnya risiko kanker. Menurut Profesor Schooling, lebih banyak sel yang ada di tubuh, tentu lebih tinggi juga mutasi kanker terjadi. Hal ini terjadi di beberapa riset tentang kanker payudar, kanker ovarium, dan kanker prostat yang ternyata lebih banyak menyerang manusia dengan badan yang lebih tinggi dari manusia normal lainnya.

Hormon pertumbuhan juga memegang peranan penting dalam hal pengembanngan sel kanker ini. Hal ini karena rendahnya hormon pertumbuhan juga menuunkan risiki terkena kanker.

3. Serangan Jantung

Tak melulu orang yang lebih tinggi rentan terhadap penyakit, beberapa kasuk, orang yang berbadan tinggi lebih kebal. Studi membuktikan kalau orang yang lebih pendek  sering terkena serangan jantung serta diabetes, ketimbang orang tang lebh tinggi. Hal ini disebabkan karena pembulu darah orang yang lebih tingg ternyata lebih kuat.

Namun hal ini tak sepenunhnya benar, karena ada kemungkinan bahwa orang denganbadan tinggi teprotesi dari konsisi kardiometabolisme karena mengonsumsi makanan sehari dari sejak kecil, dan makanan tersebut berpengaruh ke efektivitas pertumbuhannya.

4. Cidera

Tak hanya orang yang lebih tinggi yang rentan cidera dan terkadang labih ceroboh, namum terkadang cidera yang dialami lbih buruk. Hal ini diamini oleh Dr. Truumees yang menyatakan bahwa orang yang lebih tinggi lebih sering mengalami patah tulang pinggul ketimbang mereka yang lebih pendek. Padahal mereka mengalami kecekalakan dengan tipe yang hampir sama.

Selain itu, permasalahan punggu dan leher tentu adalah yang sangat krusial bagi para manusia tinggi. Hal ini dikarenakan di tempat umum seperti kampus dan kantor yang didesain untuk ukuran orang dengan tinggi rata-rata. Hal otomatis akan mempertinggi penyakit punggu serta leher.

5. Pembekuan Darah

Sebuah studi menyatakan pria yang memiiki tinggi 180 cm atau lebih , berisiko 2,6 kali lebih tinggi berpontensi untuk terkena venous thrombormbolism atau kesulitan pembekuan darah. Hal ini akan diperpah jika ia tinggi serta obesitas.

Mempnyai badan tinggi adalah anugerah dari Tuhan, tapi sebaiknya jagalah anugerah itu dengan terus menjaga kesehhatn kalian. Karena kesehatan itu mahal. Jangan bosan-bosan untuk hidup sehat ya.

Demikian mengenai Risiko Kesehatan yang Dimiliki Orang Berbadan Tinggi, semoga postingan kali ini bisa bermnafaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Risiko Kesehatan yang Dimiliki Orang Berbadan Tinggi"

Posting Komentar