Penyebab Demam Typus/Tifus

Penyebab Demam Typus/Tifus
Penyebab Demam Typus/Tifus - Bakteri penyebab tifus(tipes) adalah Salmonella typhi yang masuk ke usus melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dan berkemabang biak bakteri tersebut dalam saluran pencernaan.

Akibatnya adalah demam tinggi, sakit perut, sembelit, atau diare akan timbul ketika bakteri telah berkembang biak di saluran pencernaan. Bakteri ini berkaitan, tapi tidak sama dengan bakteri salmonella yang menyebabkan seseorang keracunan makanan.

Penyebab Utama Penularan Bakteri adalah Sanitasi Buruk

Tinja yang mengandung bakteri salmonella typhi adalah sumber utama penularan tifus. Biasa tinja ini diproduksi oleh orang yang lebih dulu telah terinfeksi tifus. Di Indonesia bakteri ini menular karena air yang terkontaminasi tinja yang terinfeksi tersebut.

Dampak yang sama terjadi jika makanan yang dicuci dengan air yang terkontaminasi dengan bakteri tersebut. Kondisi seperti ini disebabkan buruknya sanitasi dan untuk mendapatkan air bersih yang layak.

Bakteri ini juga bisa menyebar melalu sentuhan, jika pengidap tidak mencuci tangan sebelum menyentuh makanan. Dan penyebaran bakteri tersebut ketika ada orang lain yang menyatap makanan yang tersentuh tangan pengidap.

Ada beberapa situasi lain yang bisa menyebabkan bakteri penyebab tifus:

- Mengosumsi seafood dari air terkontaminasi urin dan tinja

- Mengonsumsi sayuran yang menggunakan pupuk yang terdiri dari kotoran manusia yang terinfeksi.

- Mengonsumsi susu yang telah tekontaminasi

- Menggunakan toilet yang telah tekontaminasi. Anda akan terinfeksi jika menyentuh mulut sebelum mencuci tangan setelah buang air besar. Dan biasa toilet yang paling sering terkontaminasi adalah toilet umum, maka perhatikan toiletnya dulu.

- Berhubungan intim dengan cara seks oral dengan pembawa bakteri salmonella typhi.

Jika tidak segera mengatasi demam typus/tifus, maka bakteri tersebut akan menyebar ke seluruh dengan memasuki pembuluh darah. gejala typhus akan memburuk jika bateri telah menyebar ke luar sistem pencernaan. Akan bisa menyebabkan komplikasi serius. Kondisi yang paling umum adalah pendarahan internal dan usus bocor.

Demikian mengenai Penyebab Demam Typus/Tifus, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Penyebab Demam Typus/Tifus"

Posting Komentar