Karena Mutasi Gen, Merokok Malah Bermanfaat untuk Pria Ini

Karena Mutasi Gen, Merokok Malah Bermanfaat untuk Pria Ini
Karena Mutasi Gen, Merokok Malah Bermanfaat untuk Pria Ini - Merokok adalah kebiasaan yang buruk untuk kesehatan, karena merokok dapat menyebabkan kanker dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Oleh karena itu para ahli kesehatan melarang untuk merokok karena tidak ada manfaatnya sama sekali.

Namun bagi pasien yang satu ini, merokok justru alah jadi hal yang bermanfaat. Hal ini diketahui setelah tim peneliti internasional melakukan studi terhadap penyakit akibat mutasi genetik yang memiliki sang pria dan anaknya.

Dalam jurnal Biological Chemistry, pemimpin studi Professor John Olson dari Rice University mengatakan kalau sang pria tersebut dan anaknya memiliki mutasi genetik yang membuat hemogoblin atau sel darah merah mudah rusak oleh oksidasi. Yang menarik perhatian adalah sanga anak dilaporkan alami gejala anemia mengganggu namun tidak dengan sang ayah.

Tapi yang mengejutkan adalah saat penelitian menemukan bahwa mutasi hemogoblin H58L ada kaitannya dengan kemampuan penyerapan oksigeen darah. Karena sang ayah merokok, dalam darah jadi lebih banyak karbon monoksida sehingga keutuhan sel terjaga.

Tapi, sementara itu sang anak yang tidak merokok justru alami anemi karena sel-sel darah merahh rusak akibat membawa oksigen berlebih. Dalam kondisi normal seharusnya darah mampu membawa oksigen tersebut tanpa ada kerusakann berarti.

"Sang ayah mungkin tidak akan bisa karena darahnya tidak bisa membawa banyak oksigen. Tapi merokok setidaknya menjauhkan dia dari anemia," kata Prof John seperti dikutip dari siaran pers Rice University.

Walaupun sang anak juga mengalami mutasi gen yang mengakibatkan ia mengalami anemia, Prof John tidak merekomendasikannya untuk mulai merokok seperti ayahnya. Tapi, sang anak lebih disarankan untuk mengonsumsi antibioksidan seperti vitamin C agar sel darahnya lebih tahan hadapi oksidasi.

"Pada saat yang bersamaan juga sang anak tidak perlu khawatir terhadap efek perokok pasif. Karena kemungkinan hal itu malah akan berefek positif," ujar Prof John.

Demikian mengenai Karena Mutasi Gen, Merokok Malah Bermanfaat untuk Pria Ini, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Karena Mutasi Gen, Merokok Malah Bermanfaat untuk Pria Ini"

Posting Komentar