Makan Semut Jepang Bisa Atasi Berbagai Penyakit, Benarkah?

Makan Semut Jepang Bisa Atasi Berbagai Penyakit, Benarkah?
Makan Semut Jepang Bisa Atasi Berbagai Penyakit, Benarkah? - Akhir-akhir ini ada kabar yang beredar kalau jenis serangga tertentu bisa menyebembuhkan berbagai penyakit dengan memakannya. Jenis serangga yang lebih dikenal dengan istilah semut jepang tersebut memiliki nama ilmiah tenebrio molitor. Sebanrnya bentuk asli semut jepang tidak seperti semut pada umumnya, bentuknya lebih mirip seperti kumbang yang sangat kecil.

Semut jepang diyakini bisa mengatasi berbagai penyakit berbahaya, mulai dari diabetes, kolestrol tinggi, hipertensi, penyakit jantung, penyakit asam urat, bahkan hingga osteoporosis. Serangga ini juga diklaim mampu meningkatkan kejantanan priia di ranjang.

Karena janji-janji tersebut, banyak orang mulai rutin mengonsumsi semut jepang. Semut ini bisa dikonsumsi secara langsung, dimasukka n kedalam kapsul, atau dicampur dalam teh dan makanan. Penjualnya akan memberikan dosis khusus yang disesuaikan dengan keluhan pembeli.

Benarkan Semut Jepang bisa mengatasi berbagai penyakit?

Sampai sekarang ini belum ada penelitian yang membuktikan manfaat makan semut jepang untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Namun semut jepang diklaim mengandung protei dan enzim yang sangat tinggi. Nutrisi dalam inilah yang membuat banyak orang yakin dengan manfaat.

Para konsumen juga belum terbukti. Untuk orang-orang yang mengaku kondisinya membaik setelah rutin makan semut jepang, diduga penyebabnya adalah efek plasebo (obat kosong). Efek plasebo biasanya membuat Anda bersugesti kuat bahwa pengobatan yang dijalani akan mampu mengatsi penyakit yang diderita.

Apa efek samping dari makan semut jepang?

Laporan saat ini efek samping mungkin timbul masih bersifat simpang siur. Beberapa efek samping yang dikabarkan muncul karena makan semut jepang antara lain tubuh menjadi panas, kurang darah, lemas karena gula darah menurun drastis, gangguan pencernaan seperti mual dan muntah, hingga infeksi bakteri usus.

Amankah makan semut jepang?

Sebaiknya pengobatan apa pun yang dijalani sudah teruji secara ilmiah dan ada kepastian keamanan dan manfaatnya bagi tubuh. Sementara itu, hingga saat ini tidak ada kepastian sola manfaat serta efek samping pengobatan dengan semut ini. Mengobati penyakit seperti diabetes, sudah ada terapi insulin yang dirancang khusus untuk mengendalikan gula darah.

Dilansir dari Kompas, dr Tri Juli Edi Tarigan dari RS Cipto Mangunkusumo juga mengimbau masyarakat untuk tidak mengonsumsi semut jepang sembarangan. Pasalnya, Anda mungkin justru akan mengalami efek negatifnya, misalnya alergi. Setiap jenis pengobatan wajib diuji dulu keampuhannya. Harus ada kejelasan zat aktif atau komponen apa yang bisa melawan penyakit tertentu. Selain itu, perlu dilakukan pengamatan apakah pengobatan tersebut justru bisa merusak organ vital yang lain.

Pada akhirnya keputusan untuk menjalani pengobatan tergantung pada Anda. Namun, ingatlah bahwa tak ada satu obatpun yang bisa secara ajaib menyembuhkan penyakit dengan cepat. Anda perlu usaha yang seimbang dengan cara menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Demikian mengenai Makan Semut Jepang Bisa Atasi Berbagai Penyakit, Benarkah?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Makan Semut Jepang Bisa Atasi Berbagai Penyakit, Benarkah?"

Posting Komentar