Bahaya Terlalu Sering Menyundul Bola

Bahaya Terlalu Sering Menyundul Bola
Bahaya Terlalu Sering Menyundul Bola - Pemain bola pastinya tak akan terelakkan untuk menyundul bola, apalagi saat bola sedang melambung tinggi, pastinya kepala yang digunakan untuk menyundul karena kaki tidak mungkin naik keatas.

Tapi tahukan Anda kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko kerusakan otak menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh University College London. Mereka menilit lima pesepak bola profesional yang telah bermain rata0rata selama 26 tahun. Peniliti melakukan pemeriksaan pada otak terhadap pensiunan pesepak bola yang mengalami demensia.

Hasil pemeriksaan menunjukkan, para responden memiliki chronicc traumatic encephalopathy (CTE) atau ensefalopati traumatik kronis yang disebabkan oleh pukulan berulang di kepala. CTE selama ini diduga dapat menyebabkan demensia atau orang awam lebih mengenal dengan penyakit pikun.

Penelitian tersebut juga menunjukkan kalau para pemain sepak bola juga rat-rata terkena demensia pada usia 10 tahun lebih awal dibanding orang yang tidak bermain sepak bola. Kerusakan pada otak tersebut sama seperti kerusakan yang banyak dialami petinju.

Kebiasaan menyundul bola selama bertahun-tahun juga diduga menjadai penyebab pemain bola asal Inggris, Jeff Astle menderita penyakit degeneratif otak pada usia 59 tahun. Ia meninggal dunia karena penyakit tersebut.

Penelitian yang sama bukan hanya dilakukan satu dua kali saja. Baru-baru ini, Professional Footballer's Association pun tengah mempertimbangkan untuk melarang anak dibawah 10 tahun untuk menyundul bola.

Footbal Association diharapkan mulai mensosialisasikan bahaya menyundul bola mengingat sejumlah pemian bola yang sudah pensiun diketahui mengalami demensia. Demensia itu diduga sebagai konsekuensi terlalu sering menyundul bola saat bermain. Meski demikian, penelitian lebih lanjut memang sangat diperlukan.

Demikian mengenai Bahaya Terlalu Sering Menyundul Bola, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Bahaya Terlalu Sering Menyundul Bola"

Posting Komentar