Ini Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Ini Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental dan Fisik
Ini Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental dan Fisik - Menangis adalah sangat wajar bagi manusia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pernah menangis, entah menangis karena hal-hal sedih atau menangis karena kabar gembira dan tidak bisa mengungkapkan kata-kata, kecuali menangis.

Terkadang orang yang mudah menangis disebut dengan cengeng. Tapi apakah kalian tahu, tak hanya tertawa yang memiliki manfaat untuk tubuh, menangis juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental maupun fisik:

1. Menghilangkan Stres

Menangis saat Anda stres merupakan salah satu cara terbaik untuk menyalurkan stres Anda dan memberikan perasan lega. Saat Anda menangis karena stres, maka akan sebagian stres akan hilang dan melegakan hati atau mengeluakan racun memalui air mata Anda saat menetes.

Ini telah terbukti pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. William H. Fery II, ahli biokimia dari St. Paul-Ramsey Medical Centre di Minnesota. Dalam penelitian tersebut ditemukan kalau komposisi kimiaa antara air mata karena emosi atau stres dengan air mata karena irirtasi mempunyai perbedaan. Air mata emosional (terkait stres) mengandung dasar protein hormon prolaktin, hormon adrenokortikotropik (ACTH), dan leusin enkefalin (penghilang rasa sakit alami). Semua ini dihasilkan tubuh saat Anda sedang mengalami stres, seperti dilansir dari netdocctor.

Pengeluarkan ACTH dalam tubuh tentunya sangat baik, karena bisa menurunkan kadar hormon kartisol (hormon stres). Karena kadar hormon kartisol yang tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres.

Saat Anda mengalami stres, senyawa kimia dalam tubuh Anda menjadi tidak seimbang. Sehingga, menangis dapat membantu mengurangi efek tersebut. Menangis dapat membantu Anda untuk mengurangi perasaan negatif, stres dan ketegangan.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Tak hanya bermanfaat untuk fisik saja, menangis juga bermanfaat untuk kesehatan psikologi Anda. Menangis dapat meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik. Penelitia yang yang dilakukan dari University of South Florida tahun 2008 telah membuktikan bahawa menangis dapat menenagkan diri Anda dan meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik dari pada antidepresan apapun.

Pada umumnya menangis membuat orang lebih lega dan plong. Tapi semu ini tergantung pada mereka yang menangis. Orang yang mengalamai gangguan kecemasan atau suasana hati mungkin kurang dapat merasakan efek positif dari menangis.


3. Meningkatkan Penglihatan dan Melindungi Mata

Air mata yang keluar saat Anda menangis dihasiilkan kelenjar lakrimal. Air mata ini mampu membantu Anda membersihkan mata dari debu-debu, mencegah iritasi pada mata, dan menjaga mata Anda agar tetap lembab. Sehingga, air mata dapat menjernihkan penglihatan Anda. Menangis juga bisa mencegah membran mukosa pada mata agar tidak mengalami kekeringan atau deidrasi. Kekeringan pada mata dapat membuat mata rentan terhadap serangan bakteri.

Didalam air mata terdapat antibakteri yang disebut dengan lisozim. Lisozim dapat mambantu dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri. Sehingga, dengan adanya air mata yang selalu membasahi daerah air mata yang selalu membasahi daerah sekitar mata Anda (air mata basal), mata Anda akan terus terlindung dari benda-benda asing.

Demikian mengenai Ini Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental dan Fisik, jadi jangan lagi mau untuk menangis agar beban stres Anda bisa berkurang dan untuk kebaikan fisik dan mental Anda. Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Ini Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental dan Fisik"

Posting Komentar