8 Cara untuk Mengatasi Gejala Menopause

8 Cara untuk Mengatasi Gejala Menopause
8 Cara untuk Mengatasi Gejala Menopause - Kebanyakan wanita yang mengalami menopause akan mengeluhkan beberapa gejala Salah satunya rasa kepanasan yang muncul secara tiba-tiba dan menyebar ke seluruh badan, dan biasanya disertai dengan kemerahan dan keluarnya keringat.

Gejala lain dari menopause yaitu gangguan tidur, mood swing, kelelahan, sensitif, nyeri otot dan sendi, dan sebagainya. Gejala tersebut dapat menimbulkan masalah dan menghambat akyivitas Anda sehari-hari. Berikut ini adalah 8 cara untuk mengatasi gejala menopause yang bisa Anda lakukan :

1. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukuo minimal7-9 jam setiap harinya akan membantu mengurangi gangguan tidur, modd swing, serta sakit kepala. Beberepa wanita terkadang juga mengalami rasa panas di seluruh tubuh, sehingga kesulitan untuk tidur. Karena itu, hindarai di siang hari untuk tidur, agar di malam harinya bisa tidur.

2. Hindari Minumn Berkafein dan Alkohol

Minum minuman berkafein dan beralkohol akan membuat Anda tidak mengantuk pada malam harinya. Dan disampin itu minuman berkafein dan beralkohol juga bisa menimbulkan rasa panas pada tubuh.

3. Hindari Penggunaan Pakai yang Terlalu Tebal

Hindari menggunakan pakaina yang berlapis-lapis atau yang berbahan tebal, karena akan menambah rasa panas. Sebaliknya, gunakan pakaian yang tipis, nyaman, atau bahan katun. Udara juga sangat berperan penting. Jadi, gindari di siang hari atau berada runagan yang panas tanpa kipas angin atau pendingin ruangan.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Pada umumnya makanan yang bergizi itu baik untuk segala kondisi. Perbanyak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin seperti sayuran dan buah-buahan. Susu kedelai juga bagus karena mengandung estrogen alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Perlu diiketahui bahwa estrogen berkurang saat wanita mengalami menopause sehingga dibutuhan asupan dari luar.

Hindari makanan yang terlalu manis, berminyak, dan mengandung lemak jenu. Makanan yang pedas sebaiknya jugi dihindari karena akan memicu timbulnya rasa pana pada tubuh saat di makan.

5. Jaga Berat Badan

Dengan mengurangi berat badan dapat membantu untuk mengatais keluahan menopause, seperti rasa panas akibat tumpukan lemak yang ada di tubuh.

6. Gunakan Lubrikan Saat Berhubungan Intim

Untuk menghindari nyeri saat berhubungan intim, pilihlah lubrikan yang berbahan dasra air sat berhhubungan intim. Atau Anda juga bisa menggunakan pelembap khusus daerah kewanitaan untuk menjaga organ kewanitaan Anda tetap lembap.

7. Olahraga Rutin

Olahraga sangat baik untuk kesehatan, apalagi olahraga seperti aerobik, yoga, jogging, dan berenang di percaya dapat mengatasi gejala menopause.

8. Obat-obatan

Untuk mengatasi gejala menopause dapat dengan terapi atau obat-obatan yang diberikan oleh dokter adalah terapi hormon, vaginal estrogen, antidepresan, dan gabapetin.

Demikian mengenai 8 Cara untuk Mengatasi Gejala Menopause, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "8 Cara untuk Mengatasi Gejala Menopause"

Posting Komentar