3 Cara Cepat untuk Hentikan Diare pada Anak

3 Cara Cepat untuk Hentikan Diare pada Anak
3 Cara Cepat untuk Hentikan Diare pada Anak - Diare biasanya sering diderita oleh anak-anak. Ini adalah kondisi yang ditandai dengan perubahan feses menjadi lebih cair, dan terjadi lebih dari tiga kali sehari. Penyebabnya cukup beragam, misalnya karena bakteri ataupun virus.

Jika anak berumur dari 2 tahun, penyebabnya adalah rotavirus. Karena saat berumur kurang dari 2 tahun, anak masih memiliki daya tahan tubuh yang belum baik. Dan di masa itu, anak sering memasukkan segala macam benda ke dalam mulutnya.

Pada anak-anak, biasanya diare akan berlangsung dalam waktu 5-7 hari, jarang sekali berlangsung sampai 2 minggu lamanya. Pada orang dewasa, diare umumnya membaik dalam 2-4 hari, meskipun beberapa infeksi dapat berlangsung hingga 1 minggu atau bahkan lebih.

Nah, berikut adalah ulasan beberapa cara yang dapat Anda lakukan saat anak diare :

1. Cairan

Berikan annak banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi, terutama jika anak mengalami diare yang disertai muntah. Idealnya, anak harus minum banyak cairan mengandung air, garam ,dan gula. Contohnya adalah dengan jus dan sup kaldu.

Jangan berikan minuman bersoda karena bisa membuat diare menjadi tambah parah. Cairan elektrolit atau air garam lebih dianjurkan untuk menggantikan cairan yang hilang, terutama diare yang disertai muntah. Selain itu, ASI harus tetap diberikan.

2. Makanan

Bubur atau makanan yang berkuah lebih disarankan dibandingkan pada dan kering. Jika anak tidak mau, berikan makanan apa saja yang ia mau. Hindari makanan yang berlemak dan pedas.

3. Obat

Jika belum berkonsultasi dengan dokter, maka obat diare tidak disarankan. Hal terpenting untuk mengatasi diare adalah dengan meningkatkan asupan cairan. Lagipula, ada bebeaoa diare yang tidak memerlukan obat tertentu.

Diare yang diatasi sejak awal akan menghindari efek samping berbahaya. Jika anak tidak mau makan apapun, sebaiknya langsung bawa ke dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Demikian mengenai 3 Cara Cepat untuk Hentikan Diare pada Anak, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "3 Cara Cepat untuk Hentikan Diare pada Anak"

Posting Komentar